logo-color

Publikasi
Artikel Populer

TAKUT FISIKA, JANGAN DONG

Raden Bagus Mayaseta, S.Pd.,SE.,M.Pd.

Raden Bagus Mayaseta, S.Pd.,SE.,M.Pd.

SMAN 1 Malinau
bagusrm77gmail.com

Mata Pelajaran Fisika

Sebagian siswa, mendengar kata fisika yang merupakan bagian inti dalam ilmu pengetahuan alam sudah membayangkan sesuatu yang tidak nyaman dan menakutkan. Bahkan saking menakutkannya pelajaran ini, muncullah sebuah pemikiran siswa bahwa mata pelajaran ini sangat tidak menyenangkan sekaligus membosankan, dan ada juga siswa yang nekat melakukan bolos menghindari. Perasaan minder itu sudah terbenam dalam mental dan pikiran sebagian siswa karena stigma negatif siswa itu sendiri. Kesannya, fisika itu adalah sulit dan rumit dengan rumus yang menumpuk dan sulit di pahami. Alasan utama fisika dianggap sulit ialah fisika disebut  sebagai pelajaran penuh rumus. Memang rumus tersebut akan banyak jika diturunkan dari rumus pokoknya. Selain itu, fisika membutuhkan nalar dan pemahaman. Peran guru sangat penting bagi pembelajaran ini. Setiap guru akan mempunyai gaya mengajar yang berbeda. Guru dituntut kreatif agar materi mudah dipahami bahkan menyenangkan dan tidak selalu monoton.

Sebenarnya, fisika itu menyenangkan lho, fisika begitu luas, sebab fisika adalah ilmu alam yang membongkar bagaimana dunia dan alam semesta kita bekerja. Salah satu bagisn dari cabang ilmu Sains adalah Fisika, Fisika merupakan sebuah ilmu pengetahuan terapan yang didalamnya mempelajari gejala alam, sifat, dan seluruh hubungan yang terjadi didalamnya. Fisika adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam dari segi materi dan energinya. Fisika mempelajari dari hal yang terkecil seperti atom sampai objek super raksasa seperti galaksi.  Menurut Wartono, 2003:18 Fisika adalah bangun pengetahuan yang menggambarkan usaha, temuan, wawasan dan kearifan yang bersifat kolektif dari umat manusia. Belajar fisika layaknya seperti seorang detektif dengan jejak yang ada kita dapat menelusuri kenapa sebuah fenomena dapat terjadi.

Pernah kalian berfikir “bagaimana patung kuda yang besar dapat berdiri dengan satu kaki sebagai pijakannya?” Pernah kalian berfikir juga, “bagaimana bisa berkomunikasi dengan orang yang berada di pesawat mengudara maupun di pesawat ruang angkasa?” Dan pernah kalian berfikir juga, “bagaimana kapal selam bisa berada di atas permukaan air laut sampai di dasar air laut?”

Benar! Itu semua ada di Fisika. Hal tersebut masih sebagian kecil dari penerapan fisika. Bagi jiwa-jiwa yang menyukai tantangan, fisika bukan lagi sesuatu yang tidak nyaman dan menakutkan, tetapi sebagai solusi dari pertanyaan tentang alam sekitar kita. Fisika membantu pemahaman cara kerja teknologi modern. Sebagai cabang ilmu sains, fisika dapat membantu dalam solusi misteri alam, misalkan terjadinya pemantulan suara di tengah-tengah pegunungan  serta proses terjadinya halilintar.

Sebelum kita lebih mendalam lagi mengetahui manfaat belajar fisika baiknya kita juga mengenal hakikat fisika, yakni bahwa fisika sebagai produk, fisika sebagai proses dan fisika sebagai sikap.

  1. Hakikat fisika sebagai proses

Proses dalam pengetahuan seperti fenomena, hipotesis, pengamatan, pengukuran, penyelidikan dan publikasi.

  1. Hakikat fisika sebagai produk

Produk merupakan hasil penyelidikan ilmiah (a body of knowledge).

  1. Hakikat fisika sebagai sikap

Sikap rasa ingin tahu dan penasaran yang tinggi, objektif, jujur, terbuka serta berkenan untuk mendengarkan pendapat orang lain.

Apa manfaat belajar fisika? yakni bahwa fisika melatih berfikir logis dan sistematis, fisika sebagai salah satu peran besar perkembangan sains, dan fisika dapat membantu membuka rahasia alam.

Setelah kita mengetaui seperti apa fisika itu, maka kita tahu bahwa fisika tidak sulit dan rumit apalagi menakutkan, dan buang perasaan minder itu yg sudah terbenam dalam mental dan pikiran sebagian siswa karena stigma negatif siswa itu sendiri. Dengan pikiran yang positif dan rasa ingin tahu yang tinggi menjadikan fisika mudah dan menyenangkan.

Beberapa tips sederhana yang mampu membuat enjoy belajar fisika sebagai berikut :

  1. Berdoa sebelum dan sesudah beraktifitas belajar;
  2. Buat jadwal harian dan mingguan;
  3. Jadikan rutinitas belajar sebagai tugas penting yang harus dikerjakan;
  4. Buat berada di tempat yang nyaman untuk belajar;
  5. Saat mencatat buat catatan pembeda dengan warna agar menarik untuk dibaca kembali;
  6. Jangan malu bertanya;
  7. Perbanyak latihan soal dengan inovatif dan kreatif;
  8. Mempertajam materi dengan menonton video pembelajaran di situs belajar.

Jadi, apakah masih merasa takut dengan fisika? Ayolah kita nikmati dan amalkan ilmunya dengan baik, tulus dan ikhlas. Akhir kata selamat datang didunia ilmu pengetahuan sains.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I