logo-color

Publikasi
Artikel Populer

PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Suratmin, S.Pd.SD.

Suratmin, S.Pd.SD.

Guru SDN 3 Ngaringan

Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting di dunia, karena dunia membutuhkan orang-orang terpelajar untuk membangun negara yang lebih maju. Namun terlepas dari itu, Pendidikan Pancasila sangat penting karena masyarakat saat ini tidak hanya melihat seberapa tinggi pendidikan atau gelarnya, tetapi juga Pendidikan Pancasila dari kepribadian dan karakter setiap orang.

Proses pendidikan di sekolah masih banyak memperhatikan aspek kognitif daripada aspek psikomotor, masih banyak berbagai guru di setiap sekolah yang hanya mengajar sehingga terlihat formal, tanpa mengajarkan bagaimana etika yang baik harus dilakukan. Karena guru merupakan contoh atau panutan bagi siswa yang perlu diteladani dalam etika.

Dalam buku Multiple Intelligences (Kecerdasan Ganda), Daniel Goleman menjelaskan kepada kita bahwa kecerdasan emosional dan sosial dibutuhkan 80% dalam kehidupan, sedangkan kecerdasan intelektual hanya 20%. Dalam hal ini Pendidikan Pancasila di sekolah diperlukan untuk membangun kehidupan dan karakter anak yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang penuh dengan perilaku barbar dan beretika. Maka para ulama berpikir tentang apa yang disebut dengan Pendidikan Pancasila di sekolah.

Ada banyak pilar Pendidikan Pancasila di sekolah yang harus kita tanamkan pada anak-anak penerus bangsa, termasuk kejujuran. pilar Pendidikan Pancasila tentang keadilan, karena seperti yang kita lihat masih banyak ketidakadilan, terutama di negeri ini. Selain itu, pilar Pendidikan Pancasila juga harus ditanamkan, seperti rasa hormat. Menghargai siapapun itu, misalnya kelas di bawah memiliki rasa hormat terhadap kelas di atasnya, begitu juga sebaliknya, begitu juga dengan teman sekelas, saling menghormati harus ada pada setiap siswa agar dunia pendidikan tidak ramai dengan tawuran. Sehingga tercipta suasana damai dan menjadikan karakter peserta didik yang berpancasila.

Indonesia adalah negara besar yang terdiri berbagai suku, ras dan agama. Sekarang mulai banyak sekolah–sekolah di Indonesia yang mewajibkan mengajarkan Pendidikan Pancasila menjadi mata pelajaran yang wajib di sekolah tersebut. Mereka diajarkan bagaimana cara bersifat terhadap orang tua, guru–guru ataupun cara berbangsa dan bernegara Indonesia yang benar sesuai dengan norma-norma yang ada. Dengan berawal dari Pendidikan Pancasila di sekolah yang diajarkan sejak sekolah dasar ini akan memupuk serta membangun rasa cinta kepada bangsa dan negara.

Pendidikan Pancasila ini sudah kami lakukan di SDN 3 Ngaringan Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Mudah–mudahan dengan diterapkannnya Pendidikan Pancasila di sekolah semua potensi kecerdasan anak–anak yang dilandisi dengan Pancasila akan dapat membawa mereka menjadi orang–orang yang diharapkan sebagai penerus bangsa ini pada khususnya. Bebas dari korupsi, ketidakadilan, terorisme, makar dan kecumburuan sosial. Dan makin menjadi bangsa yang berpegang teguh kepada pancasila melalui Pendidikan Pancasila di sekolah yang kuat dan beradab. Walaupun Pendidikan Pancasila tidak semudah membalikan telapak tangan, oleh karena itu perlu dan wajib diajarkan kepada anak bangsa sejak saat ini. Dengan adanya Pendidikan Pancasila akan terbangun pondasi dan karakter anak sejak dini serta menjadikan negara yang bermartabat.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I