logo-color

Publikasi
Artikel Populer

EDUKASI MENABUNG SEJAK DINI

Faridah Lia, S.Pd

Faridah Lia, S.Pd

Guru SD Negeri Lambada Klieng

Di zaman yang tidak pasti sekarang ini, memiliki simpanan dana merupakan hal yang sangat penting. Apalagi PPKM yang diterapkan oleh pemerintah yang mengharuskan kita untuk membatasi kegiatan menjadikan kita harus berpikir seribu kali untuk menghemat pengeluaran, belum lagi musibah yang datangnya tidak pernah bisa dipastikan. Oleh karen itu, kita harus membiasakan diri untuk menabung agar mampu bertahan di suasana pandemi Covid-19 ini. Menabung juga dapat mewujudkan impian kita dan dapat menjalani masa depan dengan aman. Menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian uang atau penghasilan yang kita miliki untuk disimpan dan dikelola. Manfaat menabung dapat terlihat hasilnya ketika kita melakukannya secara rutin dan tekun. Hal tersebut dijalankan dengan tujuan untuk melakukan pola hidup hemat juga membangunan karakteristik untuk tidak boros dalam menggunakan uang yang seharusnyanya diterapkan sejak dini.

Orang tua dan guru memiliki peran utama dalam menanamkan pemahaman tentang menabung sejak dini dengan mengajarkan berbagai macam hal, dengan harapan agar anak-anak  dikemudian hari menjadi anak yang mandiri dan penuh tanggung jawab. Orang tua dan Guru dapat mengenalkan, mengajarkan anak mengenai peran uang dan mengenalkan konsep uang sejak dini. Orang tua harus memberikan pemahaman apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anak dengan uang yang dimilikinya. Tujuannya supaya anak paham bagaimana cara yang bijak dan tepat  dalam menggunakan serta mengelola uang yang mereka miliki saat mereka dewasa nantinya. Guru disekolah juga dapat melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada siswa tentang pentingnya menabung sejak dini, karena masih rendahnya budaya menabung di kalangan siswa. Kegiatan sosialisasi dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya menabung dan manfaatnya untuk masa depan juga dapat  memotivasi siswa untuk mau menabung sehingga menumbuhkan kesadaran pada siswa untuk dapat menyisihkan sebagian uang jajannya.

Bagaimana menabung menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi anak-anak? (1) Kenalkan uang secara bertahap dengan mengenalkan warna, bentuk, dan nominal uang tersebut, dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti sesuai usia anak. Akan lebih efektif lagi apabila mengenalkannya dengan cara bermain; (2). melibatkan anak dalam hal-hal kecil disaat orang tua hendak menabung dengan mengajak anak bersama untuk datang ke bank agar anak tahu bahwa orang tuanya sedang menyimpan uangnya, mengajak belanja di toko atau pasar tradisional sehingga disini juga bisa memberi contoh dalam mengelola keuangan di kehidupan nyata: (3) menyediakan celengan untuk mengedukasi anak dengan mempraktikkannya langsung, manfaatnya untuk membiasakan menyisihkan uang yang kita berikan kepada anak; (4) Beri tantangan kepada anak untuk mendapatkan barang yang ingin dimiliki dari hasil menabung. Terus beri semangat dan apresiasi kepada anak; (5) beri tugas kepada anak dengan mengenalkan konsep gaji. Beri pekerjaan rumah yang apabila telah selesai dikerjakan mereka akan mendapatkan uang. Sehingga mereka memahami bahwa untuk mendapatkan uang harus mengerjakan sesuatu, belajar, membereskan kamar memang merupakan tugas wajib anak jadi  berilah pekerjaan diluar tugas wajib anak. Misalnya memberi makan ternak dan lainnya.

Banyak sekali manfaat menabung apabila dilakukan sedini mungkin, (1) memiliki simpanan saat keadaan darurat; (2)  memiliki investasi dimasa depan; (3) terhindar dari hutang; (4) hari tua yang aman. Bahkan sekarang sudah ada BUMN seperti Pegadaian Syari’ah membuat program tabungan haji/umrah, tabungan emas dan program lainnya. Sehingga kita dapat dengan mudah menabung sekaligus investasi untuk jangka panjang. Di saat pandemi seperti sekarang ini, kita harus pintar mengelola keuangan. Efek pandemi yang membuat berbagai hal menjadi sulit belakangan ini dan bahan pokok yang harganya terus meningkat juga kebutuhan hidup lainnya yang semakin menuntut kita untuk lebih efektif dalam mengelola pendapatan. Sedangkan hasil pendapatan kita menurun, dari sekarang kita harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Kita harus mengetahui tempat yang cocok untuk menyimpan uang yang kita miliki, maka dari itu sedari dini kita harus membekali pemahaman menabung sejak dini agar anak-anak nantinya dapat merasakan manfaat yang akan didapatnya dimasa yang akan datang.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I