logo-color

Publikasi
Artikel Populer

MATERI AKUNTANSI YANG MENYENANGKAN

Di antara pembaca semua percaya atau tidak bahwa pelajaran akuntansi itu sesungguhnya merupakan pelajaran yang kreatif. Bagaimana bisa dibilang kreatif, lah pelajaran ekonomi itu melakukan kegiatan meneliti transaksi keuangan dalam toko, dan berbagai macam perusahaan. Materi Akuntansi juga penting dalam memahami seluk beluk dunia perekonomian terutama dalam perusahaan. Keren kan? Banyak yang menilai materi akuntansi hanya berkutat pada debet-kredit. Sebenarnya Akuntansi tidak hanya berisi debet-kredit, banyak  hal  lain yang lebih menarik dan lebih menantang yang dipelajari di akuntansi selain debet-kredit. Masalah debit-kredit hanyalah permasalahan letak kiri dan kanan, tidak lebih. Akan tetapi, yang harus kita pahami adalah perlunya melihat  informasi apa yang terwakili oleh debit-kredit, jika orang melihat materi ekonomi terlalu mudah. Namun kenyataannya tidak ada yang tau arti dari pentingnya akuntansi dalam perekonomian ini sama saja dengan tidak memahami letak kanan-kiri, sisi  debit-kredit.

Dengan Belajar akuntansi kemungkinan bagi orang merupakan hal yang membosankan itu sangatlah biasa, karena sebagian masyarakat menilai akuntansi adalah materi yang rumit. Mulai dari melakukan pencatatan, menghafalkan rumus akuntansi, sampai perhitungan yang sangat rumit.

Tentunya memang belajar akuntansi itu tidaklah mudah namun akuntansi merupakan peran penting dalam sebuah bisnis terutama skala UMKM hingga bisnis besar. Karena adanya seorang owner bisnis yang tidak paham kondisi keuangan akan mempersulit dalam mengambil keputusan dalam setiap usahanya. Dan karena itulah perlunya memahami materi akuntansi agar usaha semakin berkembang dengan baik dan bisnis menjadi stabil.

Ketika kita memahami seorang akuntan itu yang sebenarnya merupakan ketertiban dan keteraturan dengan menjadi tonggak keberhasilan dalam menjalankan fungsi- fungsi akuntansi, sehingga seorang akuntan akan diarahkan agar dapat menyajikan laporan keuangan sesuai dengan periodenya (prinsip matching), dan seorang akuntan harus selalu diingatkan agar dapat menyimpan bukti-bukti seluruh

transaksi secara lengkap, rapi dan berurutan. Dari situlah kemudian seorang akuntan akan menjadi orang-orang yang tertib dan teratur dalam menjalankan aktivitas keseharian.

Gimana pelajaran akuntansi itu seru kan?  Asyik  kan? Dan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari bukan? Karena itu lah saat kita pelajaran ekonomi dengan materi akuntansi itu sangat menyenangkan loh, di mana materi akuntansi itu bukan hanya soal debit dan kredit saja.

Sesuai dengan yang dikatakan oleh Siti Khotimah dalam penelitiannya yang berjudul “Penerapan Pembelajaran yang menyenangkan      (Joyful      Learning)       dalam      meningkatkan motivasi berprestasi pelajaran akuntansi siswa kelas xi akuntansi SMK Negeri Karanganyar tahun pelajaran 2013- 2014” yang mana dalam penelitiannya mengatakan bahwa pembelajaran akuntansi dengan menerapkan pembelajaran yang menyenangkan sangat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa terutama dalam pelajaran akuntansi. Oleh karena itu pelajaran akuntansi menjadi sangat menyenangkan.

Pada keadaan zaman saat ini yang semakin maju dalam teknologi maka akan menimbulkan keadaan yang dituntut untuk lebih berinovasi terutama di sini adalah di bidang akuntansi sehingga memicu seorang pebisnis lebih banyak menggunakan teknologi dalam pengelolaan usahanya. Maka dari situlah seorang pebisnis mampu mengetahui cara mudah dalam belajar akuntansi. Oleh karena itulah pentingnya belajar akuntansi yang dapat kita lakukan dengan online melalui internet maupun dengan mengikuti kursus belajar akuntansi terutama bidang keuangan bisnis usaha secara berbayar maupun tidak berbayar agar mudah menguasai materi akuntansi dalam bidang usaha atau bisnis.

Dengan begitu penuh adanya tanda pertanyaan, dari mana memulainya? Bagaimana cara agar mudah belajar akuntansi? Dan dari situ saya mengambil kesimpulan dengan melihat dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Harmoni yang mengatakan cara belajar akuntansi dengan mudah dan menyenangkan yaitu di antaranya sebagai berikut: pertama seorang pengusaha dan pebisnis memahami tentang konsep dasar akuntansi, yang mana di dalamnya juga harus memahami bagaimana persamaan dasar akuntansi yang ada hubungannya dengan harta, utang dan modal, kedua berlatih tentang akuntansi melalui mentor ataupun juga bisa dengan sering berlatih secara rutin, ketiga menggunakan alat bantu seperti menggunakan software akuntansi agar membantu memudahkan dalam melakukan perhitungan akuntansi, keempat seorang pengusaha atau pebisnis dalam melakukan kegiatan bisnis nya setidaknya juga mampu memahami siklus atau proses dalam melakukan kegiatan perhitungan atau tahapan tahapan dalam akuntansi, kelima seorang pengusaha juga harus memahami akun akun yang dipakai dalam istilah akuntansi dan cara mengetahui saldo normal yang ada dalam pembukuannya.

Begitulah beberapa tips dalam memahami  akuntansi agar mudah dipahami dan pembelajaran akuntansi menjadi menyenangkan serta sangat mempunyai manfaat untuk lingkungan sekitar kita.

Siti Rakhmawati, S.Pd,. M.Pd

Siti Rakhmawati, S.Pd,. M.Pd

MA Ma‟arif An-Nur Winongan

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I