logo-color

Publikasi
Artikel Populer

MENJADI GURU INOVATIF INDONESIA (BELAJAR, BERKARYA, DAN BERINOVASI)

Ahmad Fajri Qashashi

Ahmad Fajri Qashashi

Anak muda, dan pelajar merupakan tiang bagi suatu negara untuk mencapai kemajuan dalam semua bidang kedepannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya dibutuhkan seorang guru atau pendidik yang hebat yang mampu membentuk dan mendidik pemuda dan pelajar agar menjadi cerdas dan hebat di bidangnya. Tentunya sebagian besar pendidik sudah sangat sadar akan pentingnya tugas yang mereka emban, tidak hanya puluhan, tapi ratusan murid yang akan dididik oleh seorang guru setiap tahunnya. Oleh sebab itu sebagai pendidik tidak boleh setengah-setengah dalam menjalankan tugasnya, tidak hanya monoton mengikuti buku ajar yang ada, guru juga harus terus belajar, berkarya dan berinovasi guna mengupgrade potensi diri, dan meningkatkan kemampuan dalam mengajarnya.

  1. Guru Harus Tetap Belajar Meski Sudah Mengajar

Di era modern saat ini, tuntutan bagi seorang guru sangatlah tinggi, mereka harus mampu mengikuti kemajuan teknologi dan juga pergeseran budaya di kalangan anak muda agar dapat mengetahui strategi pendekatan mengajar yang tepat untuk murid-muridnya. Selain mengajar, pendidik juga harus terus belajar, tidak boleh monoton ataupun merasa cukup dan puas dengan kemampuannya saat ini. Saat ini sudah begitu banyak sarana dan prasarana yang bisa diakses dan dimanfaatkan oleh pendidik untuk meningkatkan kemampuannya, sudah banyak lembaga-lembaga penyedia workshop ataupun webinar online yang bisa dipilih dengan beragam pilihan kelas yang ditawarkan. selain kelas online, pendidik juga bisa belajar melalui teman sejawat, buku, bahkan bisa belajar dari murid didikannya sendiri. Pendidik harus terus mengasah kemampuannya demi menemukan performa terbaiknya dan dapat membantu meningkatkan kecerdasan murid-muridnya dan meningkatkan kualitas diri di bidang pendidikan.

  1. Guru Harus Berkarya untuk Menunjukkan Eksistensi dan Mengabadikan Keilmuannya

Untuk menunjukkan potensinya sebagai pendidik yang hebat, seorang pendidik harus memiliki suatu karya yang dapat meningkatkan mutu dirinya di dunia pendidikan, dan juga dapat mengabadikan diri sendiri dalam sebuah karya yang tidak akan usang dimakan waktu, dan juga dapat membuktikan dirinya sebagai seorang profesional di bidangnya. Selain itu, karya juga dapat meningkatkan kualitas dan pangkat bagi seorang pendidik di era modern saat ini. Banyak yang bisa dibuat menjadi karya, beberapa contoh karya yang bisa pendidik buat adalah berupa buku baik itu buku fiksi ataupun non fiksi, membuktikan sebuah teori melalui eksperimen, dapat juga berupa barang seni seperti lukisan, lagu, tarian, dll. Jika memiliki suatu karya yang dapat diperlihatkan pada murid, maka murid akan lebih respect dan termotivasi saat mengikuti pelajaran yang pendidik berikan atau ajarkan juga secara tidak langsung akan meningkatkan mutu tenaga pendidik.

  1. Guru Harus Berinovasi dalam Melakukan Pengajaran dengan Memanfaatkan Teknologi

Selain belajar dan berkarya, pendidik juga harus berinovasi dalam cara mengajarnya, tidak hanya monoton dengan mengikuti buku ajar yang sudah ada, namun bisa mencari cara baru yang lebih seru dan lebih disukai oleh para muridnya, karena seperti yang kita tau, jaman sekarang anak muda sangat cepat merasa bosan, apalagi dengan pembelajaran yang hanya menulis dan mengerjakan soal-soal di dalam kelas, hal tersebut tentunya sangat berpengaruh pada minat belajar murid di kelas, konsentrasi murid biasanya hanya akan bertahan selama 30 menit di awal pelajaran saja, maka dari itu pendidik harus berinovasi dan mencari strategi mengajar yang inovatif, contohnya pendidik bisa memberikan video pembelajaran yang seru untuk murid-muridnya, memberikan materi dengan cara story telling, menampilkan alat peraga saat menjelaskan suatu materi pembelajaran, atau juga bisa membuat suatu mini game yang menarik yang bisa meningkatkan mood belajar siswanya. Tentunya masih banyak inovasi yang bisa dicoba oleh pendidik yang cocok untuknya dan juga murid-muridnya di kelas.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I