logo-color

Publikasi
Artikel Populer

5 PLATFORM PEMBUATAN KUIS INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN

Sejak diberlakukannya pembelajaran daring akibat adanya pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir ini, seorang pendidik dituntut untuk tetap menyampaikan materi pelajaran walaupun tidak bertemu secara langsung. Walaupun begitu, seorang pendidik diberikan kebebasan menggunakan sistem pembelajaran kepada peserta didiknya disesuaikan dengan keadaan para peserta didik dengan tujuan pelajaran yang diberikan tidak membosankan dan dapat membuat peserta didik merasa menyenangkan. Banyak pilihan yang dapat digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan pembelajaran dan pemberian tugas kepada peserta didik. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi dalam pembuatan kuis interaktif untuk pembelajaran.

Lalu, apa saja platform pembuatan kuis interaktif untuk pembelajaran yang dapat para pendidik gunakan? Yuk, simak rangkuman 5 platform pembuatan kuis interaktif untuk pembelajaran berikut ini!

1. Google Form

Rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran online adalah Google Form. Google Form dapat terintegrasi dengan Google Classroom. Kelebihan yang bisa dinikmati penggunanya antara lain: dapat digunakan dalam pembuatan soal pilihan ganda (multiple choice), esai panjang maupun esai pendek; dapat mengunduh dokumen seperti foto, video, rekaman, dll dengan ukuran maksimal 10 MB, dan kelebihan yang paling menyenangkan adalah platform ini gratis atau tidak berbayar.

Yuk, sobat pendidik bisa menggunakan GoogleForm untuk dijadikan alternatif pembelajaran daring yang menyenangkan bagi peserta didik.

2. Quizizz

Jika sobat pendidik menginginkan aplikasi yang penuh dengan fitur menarik dengan tema dan animasi yang bervariasi, maka Quizizz lah pilihannya. Sama halnya dengan Google Form, Quizizz memfasilitasi penggunanya dengan pertanyaan yang dipilih dapat berupa pilihan ganda (multiple choice), kotak centang (checkbox), mengisi bagian yang kosong (fill in the blank), polling, dan pertanyaan terbuka (open ended).

3. Kahoot!

Pilihan ketiga yang dapat dipilih adalah Kahoot!. Kahoot! adalah platform pembelajaran berbasis game. Dalam proses pembutan kuis, bisa menambahkan soal sekaligus alternatif jawabannya, menentukan jawaban yang benar serta pengaturan yang lainnya. Yang membuat menarik, setiap kuis yang telah dibuat secara otomatis tersimpan pada akun Kahoot!.

Kahoot! Bisa digunakan dalam lomba cerdas cermat, karena semakin cepat peserta menjawab, maka akan memperoleh poin yang lebih tinggi. Selain itu, dapat diberi timer pada saat kuis berlangsung.

4. Wordwall

Wordwall adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, mencocokkan pasangan yang sesuai, anagram, acak kata, pencarian kata dan pengelompokan. Kelebihan aplikasi ini di antaranya: satu akun bisa digunakan untuk 5 permainan, tersedia 18 tipe game gratis, jika ingin mengganti tipe game cukup dengan sekali klik, dan yang membuat menarik hasilnya bisa diunduh dalam bentuk PDF. Lantas bagaimana cara menggunakan aplikasi Wordwall ini? Sobat pendidik tidak akan kesulitan mengaksesnya caranya: yang pertama kunjungi website wordwall.net lalu sign up; pilih create activity dan pilih tipe gamenya; kemudian isilah konten sesuai yang diinginkan. Cukup mudah bukan? Bisa dicoba mulai dari sekarang sobat pendidik.

5. Classpoint

Aplikasi selanjutnya yang dapat sobat pendidik pilih adalah Classpoint. Classpoint sendiri merupakan sebuah aplikasi pembelajaran yang terintegrasi langsung dengan PowerPoint. Classpoint memiliki beberapa tools yang dapat digunakan salah satunya adalah: multiple choice, word cloud, short answer, slide drawing, image upload dan whiteboard background. Kelebihan dari Classpoint ini adalah karena aplikasi ini langsung terintegrasi dengan PowerPoint sehingga para pendidik tidak perlu belajar dari awal lagi, yang kedua banyak varian fitur yang dapat dipilih dalam membuat materi pembelajaran lebih menarik, dan yang terakhir adalah bisa dikatakan Classpoint adalah aplikasi pembelajaran yang cukup mudah untuk dioperasikan, sobat pendidik hanya membutuhkan kurang dari 1 jam untuk belajarnya, tidak percaya? Yuk pelajari dari sekarang.

Jika Sobat pendidik dan pembaca tertarik mengikuti pelatihan Kuis Interaktif dengan Classpoint, bisa langsung daftar melalui link berikut https://bit.ly/WorkshopVirtualGuru

Untuk informasi pelatihan pembelajaran yang lainnya, sobat pendidik dan pembaca bisa mengakses web Guru Inovatif Indonesia melalui link berikut: http://guruinovatifindonesia.com/

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I