logo-color

Publikasi
Artikel Populer

WUJUD IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG

Yansi Fatma Sari, S.Pd.

Yansi Fatma Sari, S.Pd.

PPG Prajabatan Rumpun MIPA
LPTK Universitas Muhammadiyah Palembang
yansifatmasari@gmail.com

Hari Rabu (31/5/2023) menjadi puncak dari kegiatan Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 4 Palembang. Seperti yang kita tahu bahwa kegiatan P5 ini merupakan salah satu karakteristik dari kurikulum merdeka yang diluncurkan oleh Mendikbudristek, Bapak Nadiem Anwar Makarim B.A., M.B.A., pada Februari 2022 lalu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kurikulum merdeka ini dimaksudkan untuk mengasah minat serta bakat anak sejak dini dengan fokus pada materi esensial, kompetensi peserta didik, serta pengembangan soft skill dan karakter peserta didik melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Atas dasar inilah sebagai salah satu sekolah unggulan di kota Palembang, SMA Negeri 4 Palembang pun ikut serta dalam penerapan kurikulum merdeka salah satunya dengan menggelar kegiatan P5.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala SMA Negeri 4 Palembang Bapak Drs. H. Damri, M.M., M.Pd. dan berlangsung dengan baik serta meriah. Pada kegiatan ini, SMA Negeri 4 Palembang memilih tema Kearifan Lokal, dimana siswa dibagi dalam beberapa stand untuk mempresentasikan beragam jenis makanan khas Palembang beserta posternya. Adapun macam-macam dari makanan khas yang dipresentasikan seperti pempek, tekwan, model, laksan, srikaya, jongkong, mie celor, dan masih banyak lainnya. Semua makanan tersebut diperjualbelikan untuk menanamkan jiwa enterpreneur dan wirausaha para peserta didik.  Tidak hanya itu, setiap perwakilan kelas juga menampilkan berbagai tarian salah satunya tari Tanggai serta menyanyikan lagu daerah Palembang yaitu lagu Cok Mak Ilang dan Ya Saman untuk memperkenalkan dan melestarikan nilai budaya dan kearifan lokal di tengah menjamurnya budaya asing.

Gambar 1. Kepala Sekolah dan para jajaran guru mencicipi makanan hasil karya peserta didik
Gambar 2. Peserta didik menampilkan tarian Tanggai

Semua kegiatan ini merupakan bentuk dari kegiatan P5 sebagai implementasi dari kurikulum merdeka untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki profil pelajar Pancasila yang berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong-royong, bernalar kritis dan kreatif. Melalui kegiatan ini  dengan bantuan para koordinator dan guru-guru fasilitator, siswa didorong untuk saling berkolaborasi dan berdiskusi dalam menyampaikan pendapat serta pengambilan keputusan untuk menentukan proyek yang akan ditampilkan, juga terkait pakaian dan atribut yang akan digunakan. Tentu saja kegiatan ini sangat bermanfaat dalam mendukung dan penerapan implementasi kurikulum merdeka. Untuk itu, semua pihak SMA Negeri 4 Palembang sebagai salah satu sekolah unggulan dengan berbagai macam prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan P5.

Hal ini selaras dengan tanggapan dari Bu Linda Zahara, S.E., M.Si., selaku Wakil Humas SMA Negeri 4 Palembang yang mengatakan bahwa akan terus mendukung dan memaksimalkan kegiatan P5 yang merupakan implementasi dari kurikulum merdeka, sebagai tempat bagi peserta didik untuk mengembangkan kompetensi dan Penguatan karakter Profil pelajar Pancasila melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di lingkungan sekitar. Beliau juga mengatakan bahwa hal yang sangat penting untuk diingat dalam proses P5 tidak hanya berfokus pada hasil atau produk yang dihasilkan. Tetapi juga tentang bagaimana proses dan upaya peserta didik dalam mengoptimalkan terlaksananya kegiatan P5 ini.  Dengan terlaksananya kegiatan P5 ini, Beliau berharap dapat memberikan dampak yang positif bagi peserta didik demi meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dalam mewujudkan generasi penerus yang intelektual dan memiliki budi pekerti luhur serta bermoral selayaknya karakter profil pelajar Pancasila.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I