logo-color

Publikasi
Artikel Populer

MENJADI GURU KREATIF, INOVATIF, DAN INSPIRATIF

Lutfiana Septi Susianti, S.Pd, M.Pd

Lutfiana Septi Susianti, S.Pd, M.Pd

SMK Negeri 1 Kemangkon Purbalingga
Lutfianasepti234@gmail.com

Guru mempunyai peran penting dalam Pendidikan. Tugas seorang guru adalah sebagai fasilitator yang membimbing siswa untuk dapat berkembang sesuai kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam mereka dapatkan dari lahir dan kodrat zaman dapat mereka kembangkan sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Sesuai dengan kodrat zaman yang terus berubah dan berkembang, Pendidikan juga melakukan perubahan. Jika zaman dahulu cara mengajar guru masih masih sangat sederhana, berbeda dengan saat ini yang dituntut penuh kreatifitas, inovatif, dan inspiratif. Seorang guru harus dapat menampilkan karakteristik kreatif dan inovatif dengan berbagai pembaharuan, strategi dan metode serta media dan teknologi baru dirasa bermanfaat terhadap keefektifan pembelajaran.

Seorang pendidik atau biasa disebut guru adalah profesi yang kompleks dan menantang. Guru harus mempunyai kesabaran dan welas asih dalam menyampaikan pembelajaran, karena guru tidak saja berperan sebagai pendidik tetapi juga seorang pengajar. Norma-norma tingkah lakupun diajarkan seorang guru bertujuan agar peserta didik dapat bersikap sopan, santun, memiliki budi pekerti luhur dan bermartabat. Menjadi seorang guru kreatif merupakan dimana proses mampu melahirkan gagasan pikiran, konsep atau langkah-langkah baru pada diri sendiri. Kreatifitas adalah kemampuan seseorang dalam mengembangkan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan ide atau gagasan yang berguna untuk memecahkan masalah. Guru kreatif dapat menemukan kecerdasan pada diri peserta didik, terbuka dalam perubahan, dan selalu siap untuk bekerjasama. Pembelajaran yang kreatif akan membuat peserta didik lebih tertarik dan bisa mengembangkan kemampuannya dengan baik. Seorang guru dapat dikategorikan guru kreatif apabila mampu menghasilkan ide-ide baru, mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan, mampu membuka pikiran akan hal baru, dan mampu melihat atau menganalisis masalah secara detail.

Kemudian, guru juga dituntut untuk selalu inovatif. Maksud untuk inovatif disini adalah adanya pembaharuan atau perbaikan kearah yang lebih baik. Semakin banyak inovasi yang dilakukan seorang guru semakin banyak pula hal-hal produktif yang dilakukan dalam menunjang pembelajaran. Kondisi dimana seorang guru harus melek akan informasi dan tekhnologi dapat menjadikan pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi lebih menyenangkan, produktif, dan memberikan banyak manfaat.

Yang terakhir adalah guru inspiratif. Seorang guru yang inspiratif adalah guru yang mampu menjadi teladan bagi peserta didik, memberi inspirasi dan motivasi secara terus menerus untuk menanamkan nilai-nilai baik dengan ketulusan dan pengharapan akan suatu perubahan kearah yang lebih baik. Guru harus menerapkan nilai-nilai kehidupan yang progresif agar peserta didik siap menghadapi masa yang akan datang. Dengan adanya perkembangan dan pembaharuan didalam dunia Pendidikan diharapkan dapat memajukan pendidikan di Indonesia. Marilah kita bersama-sama mengembangkan kreatifitas dan motivasi yang dapat menginspirasi peserta didik dan orang-orang yang ada dalam lingkungan sekolah.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I