logo-color

Publikasi
Artikel Populer

PERAN GURU PEMBIMBING KHUSUS UNTUK PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH REGULER

Noviana, S.Pd.

Noviana, S.Pd.

Guru SMK Bakti Ibu 3 Palembang

Apakah Anda tahu dengan Guru Pembimbing Khusus? Apakah peran dari Guru Pembimbing Khusus di sekolah regular sangat penting? Itulah pertanyaan yang akan dijawab dalam artikel ini. Guru Pembimbing Khusus adalah guru yang melayani peserta didik yang berkebutuham khusus. Peserta didik berkebutuhan khusus meliputi tunarungu, tunagrahita, tunadaksa. Akan tetapi, anak berkebutuhan khusus bukan berarti cacat secara fisik tetapi siswa yang mengalami keterlambatan belajar juga termasuk dalam anak berkebutuhan khusus. Anak yang mendapatkan nilai mata pelajaran di bawah KKM juga termasuk anak berkebutuhan khusus. Anak yang mempunyai masalah dalam keluarga. Masalah dalam keluarga yang memengaruhi  keterlambatan peserta didik dalam memahami pelajaran juga termasuk anak berkebutuhan khusus.

Pendidik khusus mempunyai peran sangat penting dalam membimbing peserta didik berkebutuhan khusus untuk percaya diri akan kemampuan yang dimiliki. Peserta didik berkebutuhan khusus kurang percaya didik dalam potensi yang dimiliki karena keterbatasan fisik atau kemampuan akademik yang dimiliki, Guru Pembimbing Khusus mempunyai peran memberikan motivasi, semangat, peserta didik berkebutuhan khusus untuk belajar dan mencapai cita-cita yang diinginkan. Guru Pembimbing Khusus menggali potensi yang dimiliki peserta didik dengan menyiapakn strategi pembelajaran yang tepat untuk anak berkebutuhan khusus. Sebagi contoh, peserta didik berkebutuhan khusus tunawicara belum mampu menerima informasi secara lisan. Strategi pembelajaran yang diberikan guru pembimbing khusus dengan memberikan pembelajaran secara visual. Strategi pembelajaran tersebut membuat peseta didik berkebutuhan khusus percaya diri dalam pembelajaran karena sesuai dengan pemahaman yang dimilikinya.

Peran Guru Pembimbing Khusus berikutnya sebagai pendamping anak berkebutuhan khusus di sekolah reguler.  Sekolah reguler diwajibkan menerima anak berkebutuhan khusus namun masih ada guru yang belum mengetahui cara mengajar anak berkebutuhan khusus. Pendidik khusus mendampingi siswa berkebutuhan khusus mulai identifikasi, asesmen, planning matrik, menyusun rencana pembelajaran akomodatif untuk siswa berkebutuhan khusus. Rencana pelaksanaan pembelajaran akomodatif dapat dijadikan acuan guru mata pelajaran, wali kelas untuk memberikan pembelajaran dan penilaian yang sesuai dengan kemampuan anak berkebutuhan khusus. Guru pembimbing khusus dapat dijadikan konselor bagi guru mapel, wali kelas untuk memberikan pengajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Peran pendidik khusus di sekolah dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada anak berkebutuhan khusus.

Peran pendidik khusus sangat diperlukan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah reguler. Peran pendidik khusus tersebut dapat memberi motivasi kepercayaan diri kepada anak berkebutuhan khusus, sebagai pendamping anak berkebutuhan khusus, dan sebagai konselor bagi guru mapel dan wali kelas di sekolah reguler. Pendidik khusus memberikan motivasi siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM untuk belajar lebih giat. Dengan adanya Guru Pembimbing Khusus di sekolah regular diharapkan anak berkebutuhan khusus dapat mendapatkan pendidikan sesuai dengan kemampuannya. Tidak ada lagi peserta didik yang tidak naik kelas karena nilainya di bawah KKM karena pengajaran dan penilaian disesuaikan dengan kemampuan akademik yang dimiliki peserta didik berkebutuhan khusus.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I