logo-color

Publikasi
Artikel Populer

PROYEK KEPEMIMPINAN BERTEMA ALAM DI DESA LALANG SEMBAWA KABUPATEN BANYUASIN

Lina Safitri, S.Pd

Lina Safitri, S.Pd

PPG PRAJABATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
linasapitribta1234@gmail.com

Proyek kepemimpinan 2 adalah salah satu mata kuliah inti yang ada di dalam program PPG Prajabatan gelombang 2 yang mana lanjutan dari proyek kepemimpinan 1. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan melalui suatu kegiatan yang terstuktur dan terukur. Dalam hal ini sifat kepemimpinan sangat penting dalam berkehidupan sosial dan berorganisasi yang mana melalui kegiatan ini, mahasiswa belajar mengembangkan keterampilan bersosialisasi.

Melalui pelatihan dan praktek seperti kegiatan yang dilaksakan oleh sekelompok mahasiswa rumpun MIPA PPG Prajabatan ini yang menyelenggarakan proyek ALAM (Ayo Manfaatkan Alam dan Lingkungan) pada hari Minggu, 25 Juni 2023 di Jl. KH Hamid No. 15 Desa Lalang Sembawa kabupaten Banyuasin berlokasikan di rumah ketua RT 15 Dusun 4 yakni rumah bapak Supajar.

Pembukaan kegiatan ini dilakukan oleh ketua dari rumpun MIPA yakni Kak Burhan Shidqi yang menjelaskan tujuan dari proyek ALAM dilakukan, setelah itu dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan dari ketua RT 15 yakni bapak Supajar yang menuturkan bahwa proyek kepemimpinan yang dilaksanakan ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan memimpin dan berorganisasi dengan masyarakat umum, disisi lain juga dapat menjadi inspirasi bagi ibu-ibu Dasawisma nantinya jika ada yang mau membuka usaha rumahan. Adapun 4 program kegiatan yang dilaksanakan yakni:

  1. Bujang (Bubuk Jahe Hangat)

    Dalam program ini kami membuat minuman dari bubuk jahe yang diparut lalu diperas dan disangrai sehingga menghasilkan bubuk. Dalam proses pembuatannya, kami melibatkan sekelompok ibu-ibu Dasawisma dengan memberi penyuluhan terlebih dahulu lalu dilanjutkan membuat produk.
  2. Gadis (Minuman Segar dan Manis)

    Minuman segar dan manis ini diambil dari sari kelopak bunga rosella yang telah dikeringkan dan diseduh menggunakan air panas. Minuman ini sedikit terasa asam dan dapat menambahkan gula sesuai selera.
  3. Epitel (Ecoprint Tumbuhan Elegan)

    Pemanfaatan daun bunga batang dan bagian tanaman yang cantik dapat difungsikan sebagai hiasan tas canvas dengan cara tanaman dipukul dan dilapisi plastik sehingga detail tanaman dapat menempel dan menghasilkan motif dan pewarnaan alami.
  4. Tasku Harum (Pembatas Buku Herbarium)

    Pada produk kali ini kami membuat pembatas buku dari awetan tanaman yang di laminating dengan plastik vinyl. Kreasi ini dapat dibuat menjadi pembatas buku, hiasan, bahkan gantungan kunci yang cantik. Dalam pembuatan kami melibatkan anak-anak kecil setempat dengan mengajarkan mereka terlebih dahulu.

Kegiatan dari proyek kepemimpinan ini tentunya merupakan wadah dalam kemampuan kepemimpinan individu dalam suatu kelompok. Dengan proyek AMAL inilah mahasiswa PPG Prajabatan rumpun MIPA telah berhasil menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat setempat.

Dari proyek yang kami angkat dapat disimpulkan bahwa dari bahan-bahan sekitar tanpa disadari memberikan manfaat yang luar biasa mulai dari ide, proses pembuatan, dan hasil akhir produk tersebut. Berikut merupakan dokumentasi pelaksanaan proyek kepemimpinan tema ALAM bersama masyarakat Desa Lalang Sembawa.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I