logo-color

Publikasi
Artikel Populer

APLIKASI WORD SQUARE – CROSSWORD PUZZLE DALAM PUZZLEMAKER UNTUK JELAJAH MEDAN MAGNET

Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd

Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd

SMA Negeri 1 Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah
wahyusmansarbg3@gmail.com

Hampir setiap peralatan modern memerlukan magnet dalam pembuatannya. Dengan demikian diperlukan pemahaman yang mendalam tentang medan magnet. Materi tentang magnet di Sekolah Menengah Atas mudah dipahami dengan aplikasi permainan edukatif. Permainan edukatif dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan menyenangkan bagi siswa. Permainan edukatif itu antara lain permainan word square dan crossword puzzle.

Word square adalah suatu bentuk permainan teka-teki yang terdiri kotak-kotak huruf yang disusun menjadi sebuah kata yang bermakna yaitu: teori-teori yang harus ditemukan siswa. Word square bertujuan menemukan kata yang sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Kata-kata ini dapat ditemukan dan dibaca vertical dari bawah ke atas, dari atas ke bawah, horisontal dari kiri ke kanan, horisontal dari kanan ke kiri, miring dari bawah ke atas, miring dari atas ke bawah.

crossword puzzle merupakan permainan berbentuk kotak-kotak kosong yang kemudian diisi dengan huruf-huruf sehingga, membentuk kata yang bermakna. Suatu yang bermakna ini dapat berupa sebuah kata yang dapat digunakan untuk memperkuat teori-teori yang telah dimengerti siswa dalam bentuk yang lebih komplek. Dengan kata lain crossword puzzle digunakan untuk soal hitungan. Jadi dalam satu pokok bahasan, word square digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemahaman teori sedangkan  TTS digunakan untuk penggunaan rumus atau soal hitungan.

Word square dan crossword puzzle ini dibuat dengan menggunakan aplikasi tidak berbayar. Aplikasi tersebut adalah puzzlemaker, yang dipadukan dengan Canva. Canva digunakan  untuk menambah daya tarik siswa karena penuh warna dan gambar menarik.  Dengan kata lain word square dan crossword puzzle ini tidak hanya  memberikan hiburan tetapi juga merupakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa.

Materi Medan magnet terdiri dari dua sub pokok bahasan yaitu medan magnet dan gaya magnet. Guru dapat menambah kemampuan pemahaman teori medan magnet dengan menggunakan word square dan keterampilan menggunakan rumus dengan teka-teki silang. Gaya magnet juga dapat menggunakan word square dan crossword puzzle untuk meningkatkan pemahaman teori maupun pemahaman pemecahan soal sederhana. Menurut Zagoto (2022), dengan menggunakan word square siswa dapat termotivasi dan tidak merasa jenuh pada proses pembelajaran. Permainan word square, meminta siswa menemukan kata-kata sebagai jawaban dari pertanyaan yang berkaitan dengan teori-teori dalam medan magnet. Misalnya menemukan kata magnet, garis medan magnet, kuadrat jarak, aurora, magnetisme, Van alen, sama, barat, jarak, berlawanan. Word square hanya meminta siswa menemukan jawaban, karena kata-kata jawaban sudah ada di dalam deretan huruf-huruf yang tidak beraturan. Permainan teka-teki silang, meminta siswa menuliskan hasil dari soal hitungan yang ditanyakan. Teka-teki silang hanya dapat diisi dengan rangkaian huruf. Oleh karena itu ketika membuat soal hitungan harus sudah disertakan antara lain: satuan, orde perpangkatan dan lambang Yunani misal: π, τ. Contoh: sebuah kawat lurus dialiri arus listrik 6 ampere. Berapa besar induksi magnet suatu titik yang berjarak 4 cm dari kawat tersebut? (….π x 10-5 Tesla). Aplikasi puzzlemaker dapat digunakan untuk membuat berapa saja bentuk word square dan TTS beserta jawaban.  Contoh word square yang dibuat dengan menggunakan aplikasi puzzlemaker yang dipadukan dengan Canva dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Gambar 1. word square yang dibuat dengan puzzlemaker dan dipadukan dengan Canva
Sumber. Dokumen pribadi

Gambar 2. TTS  yang dibuat dengan puzzlemaker dan dipadukan dengan Canva
Sumber. Dokumen pribadi

Gambar 3. Jawaban word square
Sumber. Dokumen pribadi

Gambar 4. Jawaban TTS dalam bentuk yang lain
Sumber. Dokumen pribadi

Penggunaan word square dan crossword puzzle sebagai media pembelajaran materi medan magnet secara berkelompok tidak hanya menyenangkan tetapi dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menemukan pemahaman tentang medan magnet. Word square dan crossword puzzle menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan unik. Menarik karena aktivitas siswa meningkat sejalan dengan penerimaan keberagaman pola pikir siswa. Unik karena word square dan teka-teki silang ini biasanya digunakan untuk mata pelajaran berbasis konsep. Kesulitan dalam koreksi hasil jawaban siswa dapat diselesaikan dengan kecanggihan aplikasi puzzlemaker dan kebosanan yang mungkin timbul dapat diatasi dengan memadukan dengan Canva.

Guru yang akan menerapkan word square dan crossword puzzle sebagai media pembelajaran, disarankan menggunakan selama 6 kali pertemuan dengan menggunakan kelompok besar dan berakhir dengan kelompok kecil. Dan harus diingat guru harus selalu mencantumkan cara menuliskan jawaban dalam crossword puzzle misal: 7,86 ditulis tujukomadelapanenam dan lambang Yunani misal: π ditulis engan phi.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I