logo-color

Publikasi
Artikel Populer

NUANSA ALAM DI DESA TIMAHAN MEMBUAT WARGA SEKOLAH BETAH UNTUK BERAKTIFITAS ATAU MELAKUKAN PEMBELAJARAN

DENI SUSANTO, S.Pd

DENI SUSANTO, S.Pd

SMPN 3 Kampak
elrahma946@gmail.com

Nuansa alam memiliki pengaruh besar dalam proses pembelajaran. Nuansa alam merupakan keadaan tempat yang dilihat dan dirasakan dalam melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan pembelajaran. Daerah yang penuh bangunan pencakar langit, dan polusi udara oleh berbagai kendaraan, serta sedikitnya pepohonan yang ada tentunya akan mengakibatkan nuansa alam yang gersang dan terasa panas. Terbatasnya ruang terbuka juga mengakibatkan aktivitas dan kegiatan pembelajaran warga sekolahnya kurang nyaman, kurang leluasa dan tidak maksimal.

Desa Timahan, merupakan sebuah desa yang terletak di atas bukit yang memiliki nuansa alam yang sangat unik dan menarik. Nuansa alam yang alami ini tetap dipertahankan dan dilestarikan di lingkungan desa timahan serta lingkungan sekolah yang ada di desa ini. Lingkungan sekolah merupakan salah satu tempat atau wahana yang paling umum digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di Indonesia. Oleh sebab itu, lingkungan sekolah memiliki pengaruh besar terhadap daya tarik dan kenyamanan dalam beraktifitas maupun melakukan pembelajaran bagi warga sekolah.

Nuansa alam yang masih alami dan asri merupakan suasana yang sangat didambakan oleh kebanyakan orang. Nuansa alam tersebut tentunya terasa tenang dan mendamaikan jiwa serta berdampak sangat besar bagi kesehatan manusia. Udara yang terjaga di lingkungan sekolah membuat warga sekolah betah dalam melakukan pembelajaran. Selain itu, para siswa dapat berinteraksi langsung dengan alam dalam melakukan proses pembelajaran.

Dalam menyikapi lingkungan sekolah yang gersang dan panas berbagai upaya dilakukan oleh pihak sekolah di luaran sana, seperti menyediakan fasilitas kipas angin atau AC serta melakukan penghijauan dan menciptakan lingkungan yang nyaman. Seperti halnya dilakukan program adipura sekolah untuk menciptakan lingkungan yang asri kembali. Pembangunan taman atau kebun di sekolah dan kegiatan pemanfaatan sampah untuk daur ulang dijadikan benda yang lebih berguna atau hiasan untuk mempercantik ruangan.

Warga Sekolah di Desa Timahan sangat betah untuk beraktifitas di lingkungan sekolah karena nuansa alam yang indah dan sejuk. Berikut adalah beberapa hal yang membuat warga Sekolah di Desa Timahan betah untuk beraktifitas di sekolah:

Taman Sekolah: Taman sekolah di Desa Timahan sangat diperhatikan dan dijaga sehingga lingkungan sekolah nampak indah dan sejuk. Taman di lingkungan sekolah ditanami berbagai jenis tanaman hias yang bagus dan cantik dipandang, serta di beberapa sudut diberi  lukisan-lukisan untuk mendukung keindahan taman. Taman ini mempunyai beberapa manfaat, seperti memperindah lingkungan sekolah dan memberi rasa sejuk. Taman ini juga dapat memberi motivasi belajar kepada siswa karena dengan lingkungan sekolah yang indah dan sejuk, mereka akan merasa betah dan bersemangat untuk belajar.

Kegiatan Alam: Kegiatan alam seperti penanaman pohon dan perawatan taman sekolah membuat warga Sekolah di Desa Timahan betah untuk beraktifitas di sekolah. Kegiatan ini juga dapat membantu siswa dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Penanaman pohon kembali atau yang paling identik disebut dengan penghijauan dapat mempengaruhi besarnya jumlah oksigen yang dapat dihirup oleh manusia. Bila di lingkungan sekolah ditanami pohon-pohon rindang, maka lingkungan tersebut terdapat banyak oksigen yang bersih dan segar. Penanaman pohon juga dapat mengurangi polusi udara dan pemanasan global.

Lingkungan Alam Terbuka: Lingkungan alam terbuka di sekitar sekolah memungkinkan siswa untuk berkonstrasi dan bereksplorasi. Hal ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, seperti meningkatkan daya kreativitas dan rasa ingin tahu karena siswa lebih mudah memahami jika belajar dari benda konkret. Selain itu juga dapat menanamkan kecintaan anak dengan alam dan sang Khaliq (pencipta) dan memberikan pengertian bahwa belajar tidak hanya di dalam kelas (situasi formal) bisa di manapun tempatnya serta dapat memacu keaktifan siswa.

Pengalaman  Berinteraksi: Pengalaman berinteraksi secara penuh dan langsung dengan alam dapat membantu siswa memahami materi yang diajarkan. Hal ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, seperti meningkatkan kemampuan, meningkatkan rasa gembira, memperkuat motorik atau otot anak, dan mendapatkan kesempatan mengalami sesuatu secara nyata serta memperluas pandangan siswa bahwa belajar bisa menggunakan apa saja tidak terbatas dengan buku.

Dengan adanya nuansa alami yang tetap dipertahankan dan dilestarikan di Desa Timahan dapat menjadikan lingkungan terasa nyaman dan dapat menghemat energi. Udara yang dirasakanpun tetap segar, sehingga warga Sekolah di Desa Timahan sangat betah untuk beraktifitas di sekolah. Taman sekolah, kegiatan alam, dan lingkungan alam terbuka serta pengalaman berinteraksi langsung dengan alam membuat siswa merasa senang dan bersemangat untuk melakukan pembelajaran.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I