logo-color

Publikasi
Artikel Populer

ARTIFICIAL INTELLIGENT DALAM PEMBELAJARAN

A Ike Emiana, S.Pd.

A Ike Emiana, S.Pd.

SDN 1 Ngeluk
ikke.emiana@gmail.com

Menurut KBBI, belajar artinya berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara manusia untuk belajar. Dalam definisi lain, Dikutip dari ZonaReferensi.com yang disampaikan oleh Zakky pada 23 Februari 2020, Pembelajaran adalah sebuah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Implementasi Kurikulum Merdeka menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centre). Di mana guru bertindak sebagai fasilitator pembelajaran.  Guru tidak lagi sebagai sumber belajar yang mentransfer ilmunya kepada peserta didik seperti pembelajaran konvensional dulu.  Apalagi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, hal tersebut sudah tidak relevan lagi.

Untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centre), guru dituntut untuk terus berinovasi menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, aktif dan kreatif.  Sehingga murid aktif dalam pembelajaran dan tidak membosankan.

Dalam menyusun rencana pembelajaran, menyiapkan bahan ajar, media pembelajaran, lembar kerja peserta didik, hingga asesmen yang menarik peserta didik tentu membutuhkan pemikiran dan waktu yang tidak singkat.  Banyak guru yang merasa kesulitan untuk menemukan ide dan kekurangan waktu dalam menyusun pembelajaran tersebut.

Ungkapan tersebut saat ini selayaknya tidak lagi terdengar.  Dengan menggunakan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, kesulitan dan keluh kesah para guru segera teratasi.  Upaya untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik akan tercipta tanpa butuh waktu yang lama dan kita juga dibantu dalam memperoleh ide-ide dalam Menyusun rencana pembelajaran.  Untuk mengatasi kesulitan tersebut sekarang ini sedang marak pembahasan tentang Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran yang disosialisasikan melalui webinar, diklat, workshop ataupun kegiatan lain yang sejenis.

Artificial Intelligence (AI) yang sering pula disebut dengan kecerdasan buatan saat ini tidak hanya diaplikasikan pada robot-robot yang menggantikan beberapa tugas atau pekerjaan manusia.  Akan tetapi Perkembangan AI saat ini sudah dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membantu penyelesaian tugasnya dalam Menyusun pembelajaran dari tahan perencanaan, pelaksanaan, maupun asesmen.  Ada Beberapa Aplikasi yang saat ini banyak banyak digunakan oleh guru.  Diantaranya adalah Canva, ChatGPT, google Bard, Magic  School, Quizizz, Classpoint dan masih banyak lagi.

Dalam aplikasi Canva setiap fitur dilengkapi dengan banyak template.  Guru dapat memanfaatkan template tersebut apabila kehabisan ide untuk mendesain template.  Canva dapat dimanfaatkan guru dalam Menyusun presentasi, membuat infografis, membuat video pembelajaran, poster dan masih banyak lagi yang tentunya akan menarik bagi siswa.  Selain membuat beberapa desain yang menarik, Canva juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kolaborasi siswa dalam tugas kelompok. Tugas yang diberikan guru dapat diedit secara bersamaan dalam satu waktu.

ChatGPT merupakan aplikasi AI yang saat ini paling banyak dimanfaatkan guru.  Guru dapat Menyusun bahan ajar, presentasi, membuat skenario/rencana pembelajaran serta membuat asesmen dalam bentuk pilihan ganda maupun esai.  Cara cukup mudah, kita tinggal ketik chat.openai.com pada browser atau peramban.  Kemudian kita deskripsikan apa yang kita inginkan secara detail agar hasilnya mendekati apa yang yang kita harapkan.  Sebagai contoh : Saya guru kelas 4 sekolah dasar yang menerapkan Kurikulum Merdeka.  Tolong buatkan 10 soal IPAS kelas 4 dengan materi Macam-macam Gaya dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari berbentuk pilihan ganda dengan 4 choice dan 5 soal isian.  Lalu klik Generate  untuk menampilkan hasil pencarian kita.  Jika belum sesuai bisa di generate  ulang.  Maka akan ditampilkan hasil yang berbeda.  Kita bisa memilihnya untuk dimanfaatkan dalam asesmen pembelajaran.  Aplikasi AI yang serupa dengan ChatGPT adalah Google BardGoogle Bard fungsinya hampir seperti ChatGPT.  Dia dapat membantu kita dalam Menyusun bahan ajar atau mencari artikel jumlah kata yang lebih banyak dengan cepat.

Magic school merupakan aplikasi AI yang dimanfaatkan untuk merancang pembelajaran (Modul Ajar).  Guru akan sangat terbantu dengan aplikasi ini jika mengalami kendala dalam membuat scenario pembelajaran.  Sementara untuk melaksanakan pembelajaran yang interaktif, guru dapat menggunakan Classpoint.  Classpoint ini terintegrasi dengan powerpoint.  Dengan mengaplikasikan classpoint pada presentasi powerpoint kita, saat menyampaikan materi guru juga bisa bisa mencari bahan ajar tanpa harus masuk ke aplikasi peramban.  Sementara untuk asesmen Quizizz sudah familiar di kalangan guru-guru.  Asesmen yang menarik dan interaktif. AI paling sederhana yang paling banyak digunakan adalah Google Form.

Jadi dengan beberapa aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) ini sangat membantu sekali guru dalam melaksanakan pembelajaran mulai dari perancangan, pelaksanaan hingga asesmen pembelajaran.  Pembelajaran menggunakan AI akan sangat menarik dan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.  Semoga bantuan chromebook dari pemerintah segera terealisasi sehingga pembelajaran student centre dapat terealisasi.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I