logo-color

Publikasi
Artikel Populer

PERLUNYA SIKAP MASA BODOH UNTUK MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Rindang Wahjuningtijas, M.Si

Rindang Wahjuningtijas, M.Si

Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
rindangwahjuning@gmail.com

Kesehatan mental atau mental health adalah sesuatu hal yang perlu dan penting untuk di jaga antara lain dengan mengkonsumsi makanan sehat, olah raga dan tidur yang cukup serta perlunya menjaga pola pikir yang baik yaitu dengan menerapkan perilaku atau sikap BODOH AMAT.

Sikap BODOH AMAT atau MASA BODOH adalah kemampuan individu untuk memilah dan memilih tentang apa-apa yang perlu dipikirkan ataukah diabaikan, sikap demikian ternyata terbukti dapat menjaga kesehatan mental dengan baik.

Hal-hal inilah yang bisa kita dapatkan apabila memilih sikap atau perilaku masa bodoh untuk kesehatan mental kita antara lain:

  1. Lebih mudah dalam mengelola stress
    Karena kita akan terhindar dari memikirkan hal-hal yang tidak penting sehingga terhindar dari rasa cemas yang berlebihan yang dapat memicu stress.
  2. Lebih mudah fokus pada tujuan
    Dalam menjalani hidup setiap individu pasti punya tujuan akan tetapi apa yang kita inginkan kadang-kadang memiliki sedikit hambatan hal-hal yang tidak penting  antara lain pikiran buruk kita sendiri atau karena omongan buruk dari orang lain, nah dengan mengambil sikap masa bodoh pada sesuatu yang tidak penting akan membuat kita lebih fokus dan konsentrasi pada tujuan kita saja.
  3. Lebih mudah jauh dari rasa Syirik, Iri dan Dengki
    Hal-hal inilah kadang-kadang yang muncul apabila kita melihat nikmat yang diterima oleh orang lain yang dapat menimbulkan pikiran negatif kita yang membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain. Maka dengan memilih sikap masa bodoh dan bodoh amat akan membuat kita tidak memikirkan atau peduli dengan apa yang didapatkan oleh orang lain, kamu hanya fokus pada apa-apa yang kita ingin capai atau dapatkan.
  4. Lebih mudah untuk mengurangi rasa cemas
    Ketika kita memperhatikan komentar orang lain maka akan muncul perasaan cemas yang berlebihan yang dapat menghambat kita untuk meraih tujuan kita oleh karenanya sikap masa bodoh dan bodoh amat sangat diperlukan dalam situasi ini dalam hal-hal yang dapat menjatuhkan kita.
  5. Lebih mudah dalam menikmati hidup
    Ketika kita dapat memilih sikap bodoh amat pada hal-hal yang tidak penting maka disitulah kita akan lebih mudah untuk dapat menikmati hidup kita, kita akan lebih tenang dalam menjalani kehidupan, kita tidak akan disibukkan lagi untuk memikirkan atau mengurusi sesuatu yang tidak seharusnya kita urusi.

Sikap masa bodoh atau bodoh amat adalah hal yang sulit untuk dilakukan oleh sebagian dari kita, karena masih ada pernyataan bahwa sikap masa bodoh adalah merupakan sikap yang negative yang bisa menyebabkan kesulitan pada pelakunya, akan tetapi apabila tidak melakukan sikap masa bodoh maka kita akan memikirkan semua hal yang sebenarnya tidak perlu dan tidak mampu menghadapinya, namun pada kenyataannya sikap ini bukanlah sikap yang buruk apabila diterapkan karena memang ada beberapa hal yang memang seharusnya tidak perlu kita cemaskan atau pikirkan.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I