logo-color

Publikasi
Artikel Populer

GUBERNUR SUMUT, APRESIASI PUJAKESUMA DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM SEHATI KEMENAG

Kartika Sari Lubis, S.E, M. Sc

Kartika Sari Lubis, S.E, M. Sc

STIM Sukma Medan
kartikalubis77@gmail.com

Dalam peringatan ulang tahun ke-43 PKB Pujakesuma di Aula Tengku Rizal Nurdin pada Ahad 20 Agustus 2023, Gubernur Sumatera Utara, Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Edy Rahmayadi, yang diwakili oleh Kabiro Pengadaan Barang dan Jasa, Ir. Mulyono, M.Si, memberikan apresiasi terhadap PKB Pujakesuma atas perannya dalam mensosialisasikan dan menghasilkan kesuksesan program Sehati Kemenag. Program ini berfokus pada penerbitan sertifikat halal gratis untuk pelaku usaha UMK.

Gubernur Edy Rahmayadi juga memberikan penghargaan dan dukungan kepada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI atas penyediaan sertifikasi halal secara gratis kepada UMK di Sumut. Beliau mengakui bahwa pelaku UMKM ingin produk mereka bersertifikat halal, tetapi sering terhalang oleh kendala informasi, pendaftaran teknis, dan biaya.

Gubernur juga menggarisbawahi pentingnya dukungan kolektif untuk memastikan UMK memperoleh sertifikat halal gratis ini, sejalan dengan tujuan Indonesia menjadi pusat produsen produk halal dunia pada 2024.

Gubernur mencatat pula signifikansi populasi masyarakat Jawa di Sumut, terutama di Kota Medan yang mencapai hampir 40% populasi, serta 37% di seluruh Sumut. Ini menjadi potensi penting dalam mengembangkan wilayah ini melalui UMK. Gubernur berharap PKB Pujakesuma dapat menghubungkan Pemerintah Provinsi Sumut, Pemerintah Kab/Kota, dan masyarakat guna mendukung program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan.

Gubernur menginginkan kontribusi berkelanjutan PKB Pujakesuma dalam menjaga harmoni di Sumut serta mempromosikan keberagaman melalui kerja sama dengan masyarakat. Gubernur Edy Rahmayadi mengajak semua pihak untuk bersama-sama memajukan Sumut menjadi wilayah yang multikultural, kompetitif, humanis, sejahtera, dan religius.

Sebelumnya, perwakilan Gubernur menerima secara simbolis berkas NIB dan Sertifikat Halal bagi pelaku UMK yang dibantu oleh Pujakesuma bersama LP3H Robbani dan BPJPH Kemenag RI. Pujakesuma diharapkan dapat terus berperan dalam mendukung UMKM di Sumut dan membangun wilayah ini.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai bagian dari perayaan ulang tahun PKB Pujakesuma yang ke-43. Lebih dari 2 ribu berkas NIB dan Sertifikat Halal yang dikeluarkan melalui LP3H Robbani diserahkan kepada pendamping PPH dari berbagai Kabupaten/Kota di Sumut untuk didistribusikan kepada pelaku usaha UMK yang telah diajukan pendaftarannya.

Agung Sugiri, SIP, pengurus Pimpinan Pusat PKB Pujakesuma, menyatakan bahwa masih ada 7 ribuan berkas yang sedang dalam proses di Komite Fatwa BPJPH Kemenag. Dia mendorong pelaku usaha UMK di Sumut untuk memanfaatkan Program SEHATI Kemenag 2023 dalam mendapatkan Sertifikat Halal Gratis. Pujakesuma dan LP3H Robbani berkomitmen untuk terus mendampingi UMK di seluruh Indonesia dalam memenuhi aspek legal seperti NIB dan Sertifikat Halal, agar UMK naik kelas dan dapat mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Produsen Produk Halal Dunia.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I