logo-color

Publikasi
Artikel Populer

MENGHAFAL MUFRADAT BAHASA ARAB ITU MUDAH

SITI RAHMAH, S.Ag.,M.Pd

SITI RAHMAH, S.Ag.,M.Pd

MTsN 2 Pulang Pisau
sitirahmahp1@gmail.com

Mufradat adalah  merupakan kumpulan  kata-kata tertentu yang akan membentuk Bahasa  (kosakata). Sedangkan kata adalah bagian terkecil dari Bahasa yang sifatnya bebas. Mufradat dalam Bahasa Indonesia disebut dengan kosakata adalah gabungan dari beberapa  huruf yang menyatu dan mempunyai makna. Mufradat sendiri adalah salah satu unsur Bahasa yang keberadaannya tidak bisa lepas dari Bahasa itu sendiri.

Mufradat atau kosakata merupakan makanan sehari-hari  bagi pembelajar Bahasa Arab, suatu hal yang wajar bagi mereka karena sedang mempelajarisalah satu Bahasa Asing, selain itu mufradat menjadi pondasi utama dalam memahami teks Bahasa Arab

Mata Pelajaran bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran yang di ajarkan  di sekolah baik dari MI. MTs maupun MA sampai ke perguruan tinggi.  menurut sebagian siswa  bahwa mata pelajaran bahasa Arab adalah salah satu pelajaran yang di takuti oleh sebagian siswa.  Dikarenakan sulit untuk membaca, melafalkannya  dan menulisnya.  Makanya mereka setelah lulus dari SD mereka kebanyakan memilih masuk ke SMP karena di SMP tidak ada mata pelajaran bahasa arab.

Padahal kalau dipikir- pikir seandainya saja kita menghafalkan  mufradat bahasa arab sehari Cuma 5 kata saja itu sangat mudah. Caranya dengan kita membaca setiap 1 kosakata dibaca sampai 30-50 kali ulang insya Allah sudah hafal dan itu hanya memerlukan  waktu 20 sampai 30 menit saja.

Karena kemampuan seseorang berbeda beda, kita ambil saja perumpamaan seseorang yang sangat lambat saja insya allah pasti bisa menghafalkannya tergantung ketekunan dan keseriusan. Ada pepatah mengatakan belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu  belajar sesudah dewasa bagi mengukir di atas air.

Sekeras kerasnya batu jika di letakkan di bawah teritis air secara terus menerus lama kelamaan batupun akan berlubang, begitu juga usaha kita walaupun lamban lama lama akan berhasil juga, jika disertai dengan niat, dan usaha yang tekun dan sungguh sungguh.

Waktu yang tepat untuk menghafal  ada dua waktu yang sangat baik untuk seorang siswa menghafalkan mufradat bahasa arab yaitu sehabis shalat magrib dan menjelang subuh. Dan adapun waktu untuk mengulang ulang hafalannya itu waktunya banyak dan tergantung pada kesempatan seseorang siswa , misalnya mau berangkat sekolah dan pulang sekolah sambil naik sepeda ontel atau sepeda motor  atau jalan kaki.

Tiga waktu mujarab menghafal insya allah langsung nempel.

Terkadang seseorang merasa sangat sulit menghafal meskipun sudah membaca berulang ulang. Sebenarnya menghafal bukanlah perkara sulit , tetapi harus dipahami betul kapan waktu yang tepat untuk menghafal. Imam Al khatib Al-Bagdadi Majmu” Syar Al Muhazdzdab menganjurkan waktu-waktu yang mendukung untuk menghafal.

  1. waktu pertama adalah sepertiga malam terakhir
    waktu ini memiliki banyak faedah  biasanya waktu ini digunakan  untuk shalat malam
  2. Saat pertengahan siang hari.
    Waktu ini biasanya digunakan untuk bekerja namun tepat pula untuk menghafal.
  3. Pagi hari
    Banyak yang menganjurkan hafalan di waktu ini karena kondisi pikiran manusia sedang dalam keadaan bersih dan belum banyak digunakan

Cara menghafalkan mufradat bahasa arab nya pun bisa berbagai cara bisa di buat nyanyian atau syair, atau dibuat pantun, apa lagi dibuat nyanyian dengan lagu yang saat ini lagi sedang viral-viralnya bisa dilakukan mandiri sehingga tanpa terasa 5  mufradat setiap hari nya akan dapat mudah dihafalkan oleh anda setiap hari tanpa terasa terbebani  dan hatipun merasa senang.

Berikut adalah beberapa tips cara mudah menghafal mufradat bahasa arab.

  1. Berdoa sebelum menghafal
    Doa dapat diartikan sebagai ibadah. berdoa sebelum belajar, terutama menghafal sangat dianjurkan dan lebih utama dalam keadaan suci
  2. Hafalkan setiap pagi 3-5 mufradat.
    Yang ada di sekitar anda atau materi yang sedang di ajarkan pada saat ini atau semester ini dan usahakan setiap hari rutin menghafalkan mufradah dan kesokan harinya mengulangi hafalan sebelumnya kemudian menghafalkan kosakata  yang baru carilah satu hari dimana anda hanya fokus mengulang semua mufradat yang sudah dihafal dan mintalah bantuan kepada teman atau guru untuk mengoreksi hafalan anda
  3. Mencatat mufradat yang sudah dihafal  supaya tidak lupa
    Rasulullah SAW Bersabda قَيِّدُوْا الْعِلْمَ بِلكِتَابِ “ikatlah ilmu dengan menulisnya”
    Yang dimaksud  qayyidul ilma kuatkan hafalan dan jangan sampai lepas, jika hanya dibaca atau di dengar, akan lebih sulit diingat. Itu sebabnya dianjurkan mencatat kembali mufradat tersebut.
  4. Perbanyak mendengar percakapan bahasa arab
    Banyak mendengar percakapan  bahasa Arab  bisa meningkatkan kemampuan kita dalam menghafal mufradat bahasa arab baik lewat orang lain ataupun lewat gadget anda. Hal ini sangat berpengaruh dalam mengingat kosa kata bahasa arab dan kita juga menirukan logat atau cara orang arab mengucapkan kata kata tersebut.
  5. Perbanyak menonton film-film berbahasa arab.
    Saat ini film-film sangat mudah kita temukanseperti film anak-anak. Kisah nabi dan rasul, kisah khulafaurrasyidin dan masih banyak lagi. Dengan banyak menonton maka akan melatig ingatan kita dalam menghafal bahasa arab. Hal ini juga sering di gunakan dalam mempelajjari bahasa asing lainnya.
  6. Menempel tulisan mufradat  bahasa arab di tempat yang sering dikunjungi.
    Misalnya di dapur atau di kamar, sehingga mufradat bahasa Arab tersebut bisa sering terlihat dan kita menjadi semakin hafal.
  7. Sering mempraktikkan dengan teman.
    Ajaklah teman untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab, percakapan bisa dimulai dengan  kalimat yang sederhana dan mudah diucapkan.
  8. Belajar di waktu subuh, setelah tahajud, karena otak masih segar
    Kita dianjurkan menghafal keika pagi hari karena otak masih fresh dan siap menerima materi terutama mufradat bahasa Arab.
  9. Mengenali tehnik dalam menghafal.
    Setiap orang berbeda-beda dalam menghafal. Ada yang bisa menghafal dengan cara mendengarkan orang lain berbicara, ada juga yang lebih mudah  dengan cara mencatatnya. Kenali cara yang mudah. Dengan mengenali pola belajar yang paling mudah untuk diri sendiri. Kita akan menjadi nyaman dan mudah dalam menghafal.

Cara menghafal mufradat bahasa Arab itu mudah  yaitu dengan istiqomah, mengenali tehnik menghafal dan waktu yang tepat. Semoga tulisan ini bisa menjadi pendorong dan penyemat bagi siswa kita dalam menghafal mufradat bahasa Arab, Aamiin.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I