logo-color

Publikasi
Artikel Populer

WARGA SEKOLAH. APA PERANNYA UNTUK PENDIDIKAN?

Reni Aritiasari, S.Pd

Reni Aritiasari, S.Pd

Pengampu MK Mohamad Mustari, MM, MA PhD.
PASCA UNIVERSITAS MATARAM
aritiaakbar74@gmail.com

Warga sekolah merupakan semua anggota yang ada di sekolah. Tentu saja bukan hanya kepala sekolah, guru dan siswa saja. Melainkan ada pegawai tata usaha, petugas kebersihan dan pengelola kantin. Setiap anggota memiliki peranan yang tidak kalah penting untuk berlangsungnya Pendidikan.

Pertama, kita akan membahas mengenai peranan kepala sekolah di dunia Pendidikan. Kalian pasti sudah tidak asing dengan kepala sekolah karena beliaulah pemimpin yang akan menjadi tumpuan dan teladan untuk kita. Kepala sekolah mempunyai banyak peran, seperti yang telah disampaikan oleh Depdiknas bahwa kepala sekolah mempunyai tujuh peran utama, yaitu:

1.      Educator (pendidik), dalam hal ini kepala sekolah mempunyai peran untuk mengembangkan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar.

2.      Manajer, kepala sekolah dapat menjadi manajer yang mempunyai tugas untuk melaksanakan kegiatan pemeliharaan dan pengembangan profesi guru.

3.      Administrator, ternyata kepala sekolah juga mempunyai peran yang hampir sama dengan bendahara yaitu dalam hal pengelolaan keuangan.

4.      Supervisor, yang artinya kepala sekolah dapat melakukan kegiatan supervise secara berkala dengan kegiatan kunjungan kelas.

5.      Leader, jelas saja kepala sekolah berperan sebagai pemimpin yang diharapkan dapat membawa pembaruan dan perbaikan bagi sekolah.

6.      Pencipta iklim kerja, budaya dan iklim kerja yang kondusf akan memungkinkan setiap guru termotivasi untuk menunjukkan kinerjanya secara unggul.

7.      Wirausahawan, dalam hal ini dihubungkan dengan peningkatan kompetensi guru dimana kepala sekolah diharapkan dapat menciptakan pembaharuan.

Selanjutnya adalah peranan guru, mungkin terlihat mudah menjadi guru yang katanya hanya mengajar dan memberi tugas kepada siswanya. Namun sayangnya, tugas guru lebih dari itu. Guru mempunyai peran untuk membimbing, mendidik, mengarahkan, mengajar, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Tugas-tugas ini bukanlah tugas yang mudah dan bisa disepelekan, sebab guru yang nantinya akan mengajarkan berbagai pengetahuan yang tidak didapatkan ketika di rumah. Banggalah kalian yang menjadi guru, karena guru merupakan tugas yang mulia dan terpuji.

Peran siswa hanya belajar belajar dan belajar? BUKAN, siswa bukan hanya belajar saja melainkan mereka mempunyai peranan penting untuk berinteraksi dengan siswa atau guru, ikut serta dalam diskusi kelas, membawa nama baik sekolah, aktif mengikuti kegiatan sekolah. Lalu, siswa yang berprestasi apakah juga diketagorikan sebagai peran siswa? Jawabannya iya, namun bukan sebagai sebuah keharusan melainkan itu adalah kelebihan yang mampu untuk menjaga nama baik sekolah. Mulai sekarang jangan pernah meremehkan tugas dari siswa yaa, karena mereka merupakan manusia pilihan yang sangat kuat untuk diberikan tugas yang besar.

Peranan tata usaha, yang mungkin juga banyak disepelekan oleh masyarakat umum. Padahal peran mereka sangatlah besar bagi sekolah yang kurang diketahui oleh masyarakat. Mereka bertugas dalam berbagai bidang, baik bekerja sama dengan kepala sekolah, guru ataupun bekerja sendiri. Tugas tata usaha berdasarkan hasil rapat Kepala Tata Usaha di Bogor: 1996). Mill dan Standingford (1982) meliputi, menulis surat, membaca, menyalin (menggandakan), menghitung, memeriksa, memilah, menyimpan dan menyusun indeks, serta melakukan komunikasi. Saking banyaknya tugas mereka, apa-apa harus ke ruang tata usaha.

Selanjutnya peran petugas kebersihan. Kalian pasti sering kan melihat bapak-bapak yang tugasnya untuk membersihkan toilet, rumput, dan sampah. Nah, itu merupakan tugas dari petugas kebersihan. Walaupun terlihat sangat mudah tapi itu sulit ya teman-teman karena ketika ada sampah yang berserakan padahal baru dibersihkan nantinya juga akan memanggil petugas kebersihan. Jadi, para warga sekolah yang lain dmohon untuk tidak membuang sampah sembarangan yaa untuk membantu tugas dari petugas kebersihan juga.

Terakhir, petugas kantin yang paling kalian suka kan karena makanan adalah salah satu hal yang menyenangkan untuk guru dan siswa. Peran petugas kantin adalah menyediakan makanan dan minuman sehat untuk tumbuh kembang sempurna, guna mendukung tugas guru dalam mendidik siswa. Wah, ternyata kalau jualan tidak boleh asal-asalan ya karena harus yang sehat. Kalian pernah tidak melihat teman sakit perut setelah jajan di kantin? Itu termasuk salah satu hal yang harus dikoreksi dari makanan kantin.

Setiap warga sekolah mempunyai peranan yang berbeda-beda. Namun tentunya masih saling berhubungan satu dengan yang lain. Intinya tidak boleh ada rasa saling menyepelekan salah satu anggota warga sekolah, karena kita saling membutuhkan. Tidak ada manusia yang dapat hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain untuk menunjang kehidupannya. Tetaplah berbuat baik dan saling menghormati, sebab itu adalah kunci keharmonisan warga sekolah.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I