logo-color

Publikasi
Artikel Populer

AN EXAMPLE OF TIME DILATION MEDIA TEORI RELATIVITAS KHUSUS EINSTEIN

Masfaratna, S.Pd

Masfaratna, S.Pd

Guru MAN 1 Bungo Plus Keterampilan
Masfaratna5@gmail.com

Dalam teori relativitas, Albert Einstein menyatakan bahwa waktu pengamatan antara pengamat yang diam dan pengamatan yang bergerak terhadap peristiwa adalah tidak sama. Selang waktu yang dirasakan oleh pengamat dalam kerangka bergerak diperpanjang dibandingkan dengan selang waktu yang dirasakan oleh keranga diam (Tomo, 2021). Untuk dapat memahami hal ini, dibutuhkan media yang tepat untuk mengamati perbedaan waktu relafistik tersebut. Salah satunya menggunakan An Example of Time Dilation. Sehingga siswa mampu menentukan pemuluran waktu berdasarkan teori relatifitas khusus Einstein.

Ketika observasi dilakukan pada saat guru sedang mengajar, ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran, guru lebih banyak menerima informasi dengan cara yang kurang menarik, yaitu. menggunakan metode ceramah. Permasalahan yang sering muncul dalam praktek adalah masih kurangnya pemahaman guru tentang ciri-ciri Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), Keterbatasan menggunaan media yang relevan dengan materi yang diberikan.

Pembuktian dilatasi waktu pada teori relativitas khusus Einstein dilaksanakan dengan prosedur percobaan yakni dengan menyiapkan laptop atau perangkat computer yang terkoneksi internet. Lalu masuk ke https://www.walter-fendt.de/html5/phen/timedilation_en.htm. Atur nilai kecepatan v menggunakan menu increase speed  untuk menambah kecepatan dan reduce speed untuk menurunkan kecepatan. Lalu klik star untuk menjalankan virtual dan lihat nilai pada menu t dan t’ yang tersedia. Percobaan dilaksanakan hingga 5 kali dengan mengatur speed yang berbeda yang hasilnya di catat pada table yang sudah disediakan di LKPD. Hitung waktu berdasarkan teori dan bandingkan dengan hasil percobaan.

Gambar 1. Percobaan Relativitas Khusus Einstein

Percobaan pertama dengan mengatur kecepatan 0,2c; 0,4c; 0,6c; 0,8c diulang sebanyak 5 kali, kemudian catat waktu pada flying time system (t’) dan flying time spaceship system (t). Bandingkan hasil percobaan dengan perhitungan menggunakan rumus hasilnya mendekati sama. Sebagai contoh kecepatan 0,2c diperhitungan t = 24,494895 jam, di percobaan untuk kecepatan yang sama t = 24,494897. Kemudian dilanjutkan dengan kecepatan yang lainnya.

Bagaimana kecepatan suatu benda mempengaruhi waktu yang dilihat oleh pengamat dari Bumi dan pengamat dari pesawat luar angkasa? Seperti halnya gerak linier konstan, kecepatan suatu benda berbanding terbalik dengan waktu yang dilaluinya, baik dari sudut pandang pengamat dari Bumi (diam) maupun dari pesawat ruang angkasa (bergerak). Semakin cepat kecepatan benda (mendekati kecepatan cahaya), semakin singkat waktunya. 

Penelitian terdahulu oleh Kurnia (2021) menjelaskan konsep pemahaman teori Relativitas Khusus Einstein tentang pemuaian wakktu. Sanusi & Haryadi (2022) membahas tentang Studi Literatur Metode Phythagoras Dalam Penyelesaian Soal-Soal Teori Relativitas Khusus Einstein. Pada penelitian terdahulu banyak menggunakan Aplikasi metode Pythagoras. Kebaharuan dalam penelitan ini penulis menggunakan An Example of Time Dilation sebagai media yang dapat membantu proses kegiatan belajar mengajar pada materi teori Relatifitas Khusus Einstein. Sehingga dapat menjadi pelengkap penelitian sebelumnya.

 Penelitan yang terdahulu oleh Jumini (2015) Relativitas Einstein terhadap waktu ditinjau dari surat Al-Ma’arij Ayat 4. Juga menyatakan bahwa waktu itu relatif, terjadi pemuluran waktu Ketika benda bergerak dengan kecepatan yang tinggi, Penggunaan media ini dapat memberikan gambaran lebih mendalam, sebagai solusi praktikum teori relativitas khusus Einstein tentang dilatasi waktu. Sehingga diharapkan pembelajaran menjadi lebih bermakna, berkesan dan siswa dapat terlibat langsung dalam pembelajaran dengan praktikum menggunakan media An Example of Time Dilation.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

One Response

  1. Luar biasa bu Ratna, di era gadget memang guru sdh seharusnya mengetahui kebutuhan peserta didik sesuai dgn zamannya. Media yg menarik tentu peserta didik akan antusias, aktif sehingga mndapat pengalaman belajar yg bermakna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I