logo-color

Publikasi
Artikel Populer

TANTANGAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK DIERA GADGET

Nurlina, S. Kep. Ns. M. Kep.

Nurlina, S. Kep. Ns. M. Kep.

Dosen Prodi Keperawatan FKIK Unismuh Makassar
nurlina01@unismuh.ac.id

Saat ini kita berada di era Gadget hampir semua orang telah memiliki Gadget, untuk itu kita perlu memahami bagaimana pemanfaatan Gadget terutama terhadap anak-anak kita, mempersiapkan diri dalam menghadapi era Gadget tersebut agar orang tua dapat memberikan pengasuhan pada anak dengan baik. Saat ini diera digital adalah zaman dimana telah bermunculan berbagai penggunaan alat dengan teknologi digital sehingga informasi dengan mudah dan cepat diperoleh serta dengan mudan dan cepat pula disebarluaskan melalui jaringan internet. akibatnya anak dengan mudah pula menerima informasi dari berbagai penjuru dunia, hal inilah yang menjadi tantangan besar bagi orang tua dalam hal pengasuhan anak karena di satu sisi anak butuh fasilitas Gadget dengan teknologi digital karena semua hal saat ini telah terintegrasi dengan sistem digitalisasi baik dalam hal pelayanan publik maupun hal yang lainnya terutama dalam hal aktivitas pembelajaran telah digunakan berbagai media seperti multi media pembelajaran online: Google Classroom, Mikrosoft Teams, media pembelajaran berbasis web: Blogspot Google Site, multimedia untuk latihan soal: Google Form, Office Forms, media pembelajaran kelas jarak jauh: Zoom, Google Meet, WhatsApp, multimedia berbasis Vidio: Rumah Belajar Kemendikbud, Quipper Class, YouTube dan lain-lain. Sehingga dengan kondisi seperti ini anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan penggunaan Gadget tersebut, bukan cuman anak hampir semua orang mengalami hal ini, kemana pun harus selalu membawa Gadget, karena tanpa Gadget maka akan mengalami suatu masalah seperti mau mengerjakan tugas sekolah misalnya, harus buka google Class untuk melihat tugas, harus buka Watshap untuk informasi di group dan lain-lain, sehingga hampir semua aktivitas tergantung dengan penggunaan Gadget. Maka sebagai orang tua dituntut untuk mengambil peran dalam menghadapi era Gadget tersebut.  

Beberapa peran penting dalam menghadapi tantangan di era Gadget, agar anak tidak mengalami ketergantungan yang negatif terhadap penggunaan Gadget dengan melakukan berbagai hal yaitu:

  1. Buat jadwal untuk aktivitas anak.
  2. Membiasakan anak untuk disiplin baik dalam hal belajar atau pun kegiatan lainnya, karena dengan kedisiplinan maka akan membentuk karakter anak dalam hal disiplin.
  3. Mendampingi atau memantau aktivitas belajar anak terutama bila menggunakan Gadget sebagai media pembelajaran.
  4. Perbanyak aktivitas untuk anak yang tidak menggunakan Gadget seperti kegiatan mengaji, olah raga yang disukai, dan lain-lain.
  5. Mengingatkan anak dalam penggunaan Gadget dengan tidak membuka aplikasi yang tidak berguna.
  6. Mengingatkan anak untuk menggunakan Gadget untuk hal-hal yang baik seperti untuk mencari materi yang terkait dengan mata pelajaran, melihat atau menonton video yang bernilai positif.
  7. Memberi komitment pada anak dalam penggunaan internet.
  8. Ingatkan dampak negatif dari penyalahgunaan Gadget pada anak seperti dapat merusak mata, mengurangi waktu istirahat dan tidur, mengurangi konsentrasi, membuat kecanduan dan lain-lain.
  9. Menetapkan waktu tertentu untuk tidak menggunakan gadget.
  10. Tetap bijaksana dalam mendidik anak

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengambil peran diera gadget ini untuk mendidik anak agar dapat mencegah ketergantungan pada Gadget, meskipun itu dirasakan tidak mudah untuk mengubah pola prilaku anak, namun orang tua harus berusaha dan selalu berdo’a agar pendidikan yang diberikan pada anak dapat diterima dan bernilai positif untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I