logo-color

Publikasi
Artikel Populer

ARTI PENTING BERMAIN UNTUK ANAK USIA DINI

RAFIKA DURI ELMIYAH, S.Pd.

RAFIKA DURI ELMIYAH, S.Pd.

Guru TK BINA INSANI
fikaelmiyah@gmail.com

Bagi anak usia  dini bermain merupakan kebutuhan dan menjadi hal yang paling menyenangkan dalam kehidupannya. Bermain bersama teman, memiliki beberapa manfaat yaitu bisa menghilangkan kejenuhan sampai meingkatkan rasa sosial emosional anak. Orang tua dan guru juga perlu membantu anak agar dapat bersosialisasi dan memberi pengarahan tentang bagaimana cara berteman agar nantinya bisa menjadi suatu persahabatan.

Kegiatan bermain anak–anak bisa kita jumpai di sekolah, di rumah, maupun di tempat umum. Biasanya,saat di rumah anak-anak lebih senang bermain handphone, alangkah baiknya, sebagai orang tua kita harus bisa mengarahkan anak–anak untuk melakukan kegiatan yang lebih positif, misalnya olah raga bersama keluarga atau mengajak ank-anak untuk bermain dengan teman–teman di sekitar lingkungan rumah, selain menyenangkan, bermain bisa meningkatkan rasa percaya diri anak.

Berikut ini tujuan dari bermain adalah:

1. Meningkatkan perkembangan anak

Dengan bermain bersama teman, dapat membantu anak untuk meningatkan beberapa aspek perkembangan mulai dari segi bahasa, kognitif, fisik, serta sosial emosional anak.

2. Meredakan stres

Tidak hanya orang dewasa, anak usia dini juga sering mengalami stres. Dengan adanya teman baru lalu bermain bersama, maka anak yang mengalami stres akan terasa terhibur karena mereka dapat saling bercerita dan bisa bersenda gurau bersama.

3. Fisik menjadi kuat

Saat bermain, anak–anak biasanya lebih banyak bergerak sehingga tubuh mereka lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

4. Merubah perilaku menjadi lebih baik

Apabila seorang anak bermain bersama anak yang berperilaku sopan maka anak tersebut akan menjadi anak yang sopan juga, sehingga orang tua dan guru harus selalu mengawasi pergaulan anak sejak dini, agar tidak berteman dengan anak–anak yang berperilaku kurang baik yang dapat menjerumuskan ke hal–hal negatif atau yang tidak kita inginkan.

Aturan bermain dalam berteman

Di masyarakat sekitar kita, bukan hanya orang dewasa, anak–anak juga kadang–kadang kalau ingin berteman ada rasa malu atau kurang percaya diri dan takut tidak diterima oleh teman barunya. Berikut ini ada beberapa aturan agar anak lebih mudah untuk bersosialisasi dengan teman barunya:

  1. Bersikap lebih sabar dan mau berbagi apapun yang dimilikinya agar temannya senang kepadanya.
  2. Berbicara yang sopan, tidak boleh membentak-bentak agar temannya tidak merasa takut.
  3. Bersikap tidak curang ketika ikut permainan.
  4. Saling menyapa dan tersenyum ketika bertemu, baik ketika di jalan atau tempat lainnya.
  5. Sering mengajak bermain ke rumahnya agar lebih saling mengenal dan akrab.

Demikian beberapa aturan bermain yang bisa membantu agar anak–anak tidak malu dalam berteman dan bisa terjalin persahabatan seperti yang kita impikan dan kompak selamanya.  Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kita semua.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I