logo-color

Publikasi
Artikel Populer

GAME EDUKASI SOLUSI ASYIK DALAM PEMBELAJARAN

Kuncoro Budi Priyatno, S.Pd.SD

Kuncoro Budi Priyatno, S.Pd.SD

Guru SD Negeri 1 Ngarap-arap Kec. Ngaringan Kab. Grobogan

Perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak secara menyeluruh. Adanya perkembangan yang pesat tersebut memberikan segala kemudahan. Perkembangan teknologi ini sangat bermanfaat di semua bidang. Penggunaan teknologi dalam ilmu kependidikan akan meningkatkan efektifitas dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang telah ada. Pembelajaran telah dikembangkan dengan berbagai inovasi yang berbeda antara lain: metode dalam pembelajaran, model pembelajaran, dan media pembelajaran.

Adanya teknologi yang mudah diakses diera globalisasi saat ini, memungkinkan peserta didik untuk dapat mengakses informasi secara cepat dan mudah hanya dengan memanfaatkan smartphone. Smartphone sudah bukan menjadi benda asing dikalangan masyarakat saat ini. Bagaimana tidak, semua informasi yang kita peroleh dapat diakses dengan lebih mudah hanya dengan mencarinya didalam situs internet. Selain itu hampir setiap orang didunia memiliki smartphone berbagai jenis merek dan tipe. Hal itu membuat masyarakat melek akan dunia teknologi yang berkembang pesat diera globalisasi saat ini.

Dalam belajar tentunya peserta didik akan merasa jenuh jika hanya melakukan rutinitas yang ajeg dan terkesan monoton serta tidak adanya kreativitas yang menarik dan menyenangkan dari pendidik. Akibatnya, kondisi mental menjadi tidak baik-baik saja, misalnya kecemasan yang berlebihan, overthinking, malas, murung, tugas tidak terselesaikan, sensitif, dan lain sebagainya.

Peran pendidik di sini harus mampu menciptakan media pembelajaran yang menarik agar siswa dapat terhindar dari kejenuhan belajar, di antaranya yaitu mengembangkan game edukasi yang menarik. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, banyak sekali aplikasi/software yang dapat digunakan pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran yang menyenangkan.

Perkembangan yang semakin modern, pendidik harus mampu mengimbangi kemajuan tersebut. Jangan sampai seorang pendidik tidak mampu mengikuti perkembangan kemajuan yang ada, apalagi hal tersebut demi kepentingan siswa. Teknologi dan kemudahan internat membuat pendidik mudah untuk belajar dalam mengembangkan media pembelajaran game edukasi. Game edukasi ada banyak sekali jenisnya, di antaranya ada puzzle, tebak kata, funny game quiz, dan lain-lain.

Media pembelajaran banyak sekali jenisnya. Di antaranya yang menarik yaitu ada media pembelajaran game edukasi. Game edukasi merupakan alat bantu pembelajaran bagi guru yang cukup efektif dalam menyampaikan materi sehingga muncul minat belajar peserta didik yang lebih tinggi.

Game sebagai media pembelajaran diintegrasikan dengan materi ajar sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Jadi selain bermain, siswa juga sambil belajar. Game edukasi sebagai media yang digunakan dalam memberikan pengajaran berupa permainan dengan tujuan untuk merangsang daya pikir dan meningkatkan konsentrasi melalui media yang unik dan menarik. Dengan hal tersebut tentunya siswa tidak akan jenuh. Apalagi di masa sekarang anak-anak lebih tertarik dengan gadget.

Manfaat yang didapatkan dalam penggunaan media game edukasi dalam proses pembelajaran yaitu proses kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik dan efektif. Peserta didik menjadi lebih aktif, komunikatif dan tidak malu dalam melakukan ketika ingin melakukan sesuatu. Dengan menerapkan game dalam kegiatan belajar bisa membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Meningkatkan kemampuan siswa dalam hal koordinasi, komunikasi dan kerja sama. Bisa menerapkan rasa saling menghormati,keakraban dan kejujuran antar peserta didik.

Maka dari itu game edukasi sangat menarik untuk dikembangkan. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode edukasi konvensional. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata. Salah satu keunggualan yang signifikan adalah adanya animasi visual yang dapat meningkatkan daya ingat sehingga peserta didik dapat mengingat materi pelajaran yang diberikan pendidik dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode pengajaran yang konvensional.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I