logo-color

Publikasi
Artikel Populer

PENTINGNYA MENJAGA MENTAL HEALTY BAGI PELAJAR

MAOLINDA SAQILA, S,Pd.

MAOLINDA SAQILA, S,Pd.

Mental healty atau kesehatan mental yang hangat dibincangkan tidak hanya di kalangan masyarakat secara umum tetapi juga di dunia Pendidikan. Munculnya tekanan-tekanan yang berlebihan, perubahan pola pikir yang tidak stabil, emosional yang berlebihan. Keadaan tersebut bisa memengaruhi kesehatan mental, jika terjadi pada pelajar dan tidak segera diatasi akan menyebabkan fatal. Pentingnya memprioritaskan kesehatan mental poin utama untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

  1. Memberikan motivasi

Membuat agenda belajar yang menarik untuk siswa agar lebih semangat belajar dengan adanya motivasi siswa bersemangat dalam menjalani aktivitas di sekolah.

2. Tidak menuntut murid untuk mendapatkan nilai yang tinggi

Setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, nilai bukan ukuran untuk menjamin kesuksesan di masa depan.

 

3. Menjadi teladan yang baik

Sebagai guru memberikan contoh yang terbaik untuk siswa/i untuk dijadikan bekal di masa depan.

4. Melindungi

Di sekolah adalah orang tua bagi siswa sanagat harus diperhatikan dengan sebaik-baiknya untuk menghindari permasalahan yang fatal.

5. Hubungan baik antara guru dan orang tua

Sangat penting untuk mengetahui perkembangan siswa, dengan begitu guru akan mengetahui kebutuhan yang cocok untuk siswa.

6. Memberikan nasihat

Jika siswa melakukan kesalahan hindari untuk membentak, memarahi karena hal tersebut tidak akan berpengaruh untuk perubahan tingkah lakunya justru akan menambah beban pikiran yang membuat mental anak jatuh.

Itulah 6 cara pentingnya menjaga kesehatan mental bagi pelajar, tentunya mental siswa sangat penting untuk dijaga karna hal tersebut akan berpengaruh terhadap fokus pembelajaran siswa. Guru juga sangat berperan penting untuk mengetahui risiko apa saja yang membuat siswa terkena gangguan mental.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I