logo-color

Publikasi
Artikel Populer

AWAS…………! HATI-HATI DENGAN HP

Kasirin

Kasirin

Guru

Pada era sekarang ini HP merupakan suatu alat yang sangat penting bagi kita. Karena dengan HP semua kepentingan dan kebutuhan kita akan dapat terselesaikan dengan cepat. Dari kebutuhan yang sifatnya informasi, komunikasi, belajar, belanja, pergi ke kota, traveling, bayar listrik, bayar pajak, mencari uang, bahkan sampai pada menarik uang bisa dengan alat yang namanya HP ini. Memang Handphone ini sangat diperlukan oleh manusia baik masih kecil maupun dewasa.

Di Indonesia pada awalnya alat ini ada sekitar tahun 2000-an. Pada waktu itu alat ini masih digunakan untuk alat komunikasi antar sesama manusia dan menerima atau menyampaikan informasi kepada orang lain. Komunikasi antar negara bisa memakai alat ini, bahkan informasi dari dan negara asing atau luar negeri dapat dengan mudah kita terima dengan menggunakan alat ini. Alat komunikasi ini dikenal dengan nama Telepon Genggam atau Handphone.

Di negara kita, Indonesia,  waktu pertama kali alat ini muncul kita baru dapat menggunakan saja untuk kepentingan dan keperluan sehari-hari, belum bisa membuat. Oleh sebab itu negara–negara produsen  telepon genggam ini sangat senang sekali untuk memasarkan barang produksinya ke negara kita. Seperti negara China, Korea, Jepang, dan Amerika. Mereka ini ingin memasarkan  produksinya masing-masing ke Indonesia, sehingga mereka bersaing untuk merebut pasaran di Indonesia.

Karena Indonesia menjadi pusat perdagangan mereka, dan memang dunia sudah mengalami pasar global maka Indonesia menjadi incaran bagi negara-negara asing. Selain itu memang sudah menjadi sifat dan watak atau karakter bagi masyarakat Indonesia untuk selalu menggunakan produk-produk buatan luar negeri. Dari berbagai macam dan merk HP kita bisa mendapatkan di konter-konter HP di Indonesia.                                                                                                

Sebagai masyarakat pengguna kita mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman dan modernisasi. Dari anak kecil, remaja, dan orang dewasa saat ini selalu tidak ketinggalan dengan HP yang merupakan alat canggih ini. Bekerja bawa HP, sekolah bawa HP, ke pasar atau bepergian kita selalu tidak ketinggalan dengan HP. Bahkan satu menit kita tidak buka HP rasa-rasanya tangan kita sudah tidak sabar lagi untuk memegangnya untuk melihat informasi atau chating bahkan untuk main game. Anak kecil kita saja kalau tidak pegang HP menangis, sehingga seakan–akan kita kecanduan akan HP ini. Tapi ingat bagi kita yang punya anak kecil, kalau kita tidak bisa mengaturnya

maka kita akan merugi sendiri. Karena apa? Karena terlalu lama melototi HP mata anak akan cepat lelah dan rusak, bisa jadi matanya minus dan pikirannya lama–lama akan terganngu (syndrom). Selain itu kalau kita tidak bisa mengontrol dan mengawasi anak-anak kita, mereka akan terbawa ke dunia yang bukan dunia anak. Sudah banyak terjadi anak–anak yang terlalu lama melihat HP jiwanya terganggu (tingkah lakunya tidak normal). Sementara itu kalau anak remaja dan orang tua yang selau pegang HP terus menjadikan mereka malas bekerja, penginnya hanya main HP (game) dan malas belajar, diprintah orang tua juga tidak mau (bahkan membantah). Hal ini kalau terjadi terus menerus maka mentalnya akan bobrok (rusak).

Oleh sebab itu kita sebagai orang tua harus pandai–pandai dan dapat mengontrol serta memberikan bimbingan sebelum terjadi. HP adalah merupakan alat, tergantung pada pemakainya kalau digunakan secara baik akan memberikan nilai positif, tetapi sebaliknya kalau digunakan untuk hal–hal yang negatif maka akan fatal (celaka) dan melenyapkan kita.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I