logo-color

Publikasi
Artikel Populer

ANAK MUDA MELEK TEKNOLOGI DIGITAL, SEBUAH KEMAJUAN ATAU ANCAMAN KAH?

MISKADI

MISKADI

Di zaman modern seperti sekarang, bukan hal baru lagi jika semua yang kita lakukan selalu berkaitan dengan teknologi. Dengan adanya teknologi dapat membantu memudahkan manusia dalam melakukan segala hal. Penggunaan teknologi juga tidak hanya terfokus pada satu bidang saja, namun hampir semua bidang sudah mengintegrasikan dengan penggunaan teknologi modern. Selain tujuannya untuk memudahkan pekerjaan manusia, pemanfaatan teknologi juga wajib dipahami oleh semua orang agar bisa menyesuaikan dengan zaman, paham dan mampu mengoperasikannya.

Adanya teknologi digital memengaruhi penggunaan internet di Indonesia yang terus mengalami peningkatan. Dilansir dari laman Wikipedia.com jumlah pengguna internet di Indonesia termasuk ke dalam empat besar negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia dengan persetase 76,8% dari total populasi. Teknologi digital tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan kita memerlukan teknologi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sebut saja teknologi yang tidak akan bisa lepas dari genggaman kita adalah penggunaan HP atau telepon genggam.

Saat ini, banyak anak muda pintar dan kreatif menggunakan teknologi digital. Hal ini tentu menjadi sebuah kelebihan atau skill. Perkembangan penggunaan teknologi yang sangat pesat bukan tidak mungkin jika pekerjaan yang paling menjanjikan ke depannya adalah di bidang teknologi digital. Pekerjaan di bidang digital juga sangat luas cakupannya, sebut saja designer, konten kreator, programer dan lain sebagainya. Banyak orang berlomba-lomba menjadi konten kreator di berbagai platform aplikasi media sosial, pendapatannya juga sangat fantastis.  Platform aplikasi yang saat ini banyak digandrungi anak muda contohnya YouTube, TikTok, Twitter, Instagram, aplikasi ini digunakan oleh orang-orang untuk membagikan kegiatan yang sedang dilakukan  (daily activity) dan mempromosikan barang-barang endorse. Selain mendapatkan AdSense dari aplikasi yang digunakan, para konten kreator juga bisa mendapatkan pemasukan dari orang-orang yang menggunakan jasanya dalam mempromosikan barangnya. Ada juga platform marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Lazada dan lainnya yang dapat menyerap banyak mitra untuk melakukan promosi dan penjualan barang. Dengan adanya aplikasi ini banyak sekali UMKM yang merasa produk jualannya terwadahi dengan baik.

Selain kelebihan di atas, ada beberapa kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Sama halnya dengan hidup ada sisi baik dan ada juga sisi buruk. Sebut saja contoh buruknya terjadinya cyber bullying, hal ini juga yang saat ini marak terjadi tanpa alasan yang jelas, banyak dari netizen (sebutan untuk pengguna internet) yang melakukan ujaran kebencian terhadap tokoh tertentu yang dirasa tidak sesuai dengan yang mereka harapkan biasanya terjadi pada publik figur. Ada juga orang-orang yang memilih menjadi penipu, penyebaran berita hoaks, dan hacker yang dapat merugikan orang lain untuk mencapai keuntungan pribadi. Bahkan yang paling terasa dalam kehidupan sehari-hari adalah setiap orang merasa ketergantungan dengan teknologi digital yang dapat menyebabkan seseorang bisa menjadi lebih introvert karena kurang bersosial dengan orang lain di dunia nyata.

Memang benar adanya teknologi digital dapat memberikan kemajuan terhadap kehidupan anak muda. Namun, tidak bisa dipungkiri pasti ada juga ancaman yang dapat merusak moral anak muda. Lantas apa yang harus dijadikan benteng diri untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi? Cara yang dapat dilakukan perlu adanya peran dari berbagai pihak seperti kontrol dari orang tua ketika di rumah seperti memberi tontonan sesuai umur dan pengamalan nilai-nilai baik yang diajarkan oleh agama, peran guru di sekolah dengan memberikan pengajaran pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta peran pemerintah dalam menyaring informasi dan memblokir konten-konten yang dirasa dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kehidupan anak muda.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I