logo-color

Publikasi
Artikel Populer

PENTINGNYA ONE SCHOOL ONE INOVATION

Rejo, S.Pd.

Rejo, S.Pd.

Kepala Sekolah SD Negeri Dombo 1

Peran Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan manusia karena pendidikan merupakan suatu usaha atau proses yang melibatkan peserta didik dan pendidik atau guru dalam kurun  waktu tertentu yang  bertujuan untuk  mencapai manusia yang bermartabat. Di negara kita, pendidikan diatur dalam undang–undang yang mewajibkan setiap warga negara untuk  menempuh pendidikan.

Dalam menempuh pendidikan peserta didik harus mengikuti proses pembelajaran dalam suatu lembaga pendidikan atau sekolah sehingga peserta didik tersebut sebagai bagian dari warga negara yang berhak memperoleh pendidikan tersebut bisa  menggapai cita–cita dan harapannya dalam menjalani kehidupan sehari hari sehingga menjadi lebih layak.

Suatu pendidikan dapat dikatakan berhasil atau tidak tergantung pada hasil dari pendidikan itu sendiri. Apakah peserta didik yang menempuh pendidikan berhasil atau tidak dapat menjadi tolok ukur suatu kesuksesan pendidikan itu sendiri di lembaga pendidikan atau sekolah tersebut. Jika dalam sekolah tersebut peserta didiknya banyak yang bisa mengukir prestasi maka sekolah tersebut sering dikenal dengan  sekolah unggulan. Oleh karena itu sekolah tersebut  bisa lebih maju dibanding sekolah yang lain.

Untuk mewujudkan sekolah yang lebih maju dan menjadi sekolah unggulan perlu kiranya lembaga pendidikan tersebut untuk selalu berusaha mengembangkan program-program pembelajaran  yang lebih menarik dan memberi fasilitas bagi peserta didiknya untuk memupuk dan mengembangkan kreativitas, kemampuan bakat dan minatnya sehingga menjadi peserta didik yang lebih berkwalitas. Bagaimana seseorang terbentuk menjadi manusia yang semestinya atau manusia yan berkualitas itu adalah inti dari pendidikan.

Untuk mewujudkan hal tersebut lembaga pendidikan atau sekolah sangat perlu untuk selalu mengadakan perubahan  atau inovasi  dalam mengembangkan pembelajaran di sekolah tersebut sehingga tetap menjadi sekolah unggulan yang memiliki kekhususan atau kekhasan yang terkanal sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri yang tidak ada duanya  dibandingkan sekolah yang lain, dengan satu “Program one school one inovation“.

Program One School One Inovation ini sangat penting dilakukan agar lembaga pendidikan atau sekolah tersebut memiliki kekhususan atau mempunyai program unggulan yang dikembangkan dalam kurun waktu tertantu sehingga sekolah tersebut tetap maju dan menjadi sekolah unggulan di lingkungan di mana sekolah tersebut berada.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I