logo-color

Publikasi
Artikel Populer

2 STRATEGI JITU MENGAJAR EFEKTIF DAN INOVATIF UNTUK GENERASI Z

Masna Dewita, S.PdI

Masna Dewita, S.PdI

Guru

Pendahuluan

Pembelajaran merupakan proses bantuan yang diberikan guru agar dapat terjadi pemberian ilmu dan pengetahuan, pembentukan karakter serta pengembangan keterampilan yang ada pada diri peserta didik secara baik. Proses pembelajaran yang terjadi ini seharusnya memberikan kebebasan pada peserta didik sesuai dengan kodrat alam dan zamannya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan berbagai macam strategi yang efektif agar terciptanya merdeka belajar pada peserta didik. Konsep merdeka belajar menurut Ki Hajar Dewantara ada beberapa hal yaitu tidak hidup terperintah artinya seseorang bisa menentukan arah tujuannya sendiri, berdiri tegak karena kekuatan sendiri dan cakap mengatur hidupnya dengan tertib.

Era Abad ke-21 ini Kemendikbud RI mengeluarkan kebijakan merdeka belajar yang berpedoman pada pemikiran Ki hajar dewantara yang berpihak pada peserta didik dan sebagai guru harus siap untuk merancang strategi mengajar yang efektif dan efisien menghadapi perkembangan zaman ini dengan menggunakan berbagai model dan media pembelajaran yang inovatif bagi peserta didik sehingga terwujudnya merdeka belajar sesuai dengan profil pelajar pancasila. Selain itu saya juga sedang mengikuti Program Guru Penggerak Angkatan 4 dan telah melakukan aksi nyata dalam menerapkan strategi mengajar yang efektif bagi peserta didik. Berdasarkan latar belakang ini penulis akan berbagi pengalaman tentang 3 Strategi Jitu Mengajar Efektif dan Inovatif untuk Generasi Z.

Canva dan Vlog

Perkembangan zaman serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dapat mempengaruhi bidang kehidupan umat manusia tidak terkecuali pembelajaran sehingga sebagai guru kita harus dapat berinovasi dalam pembelajaran salah satunya memanfaatkan Canva untuk media pembelajaran, hal ini didukung oleh peserta didik yang mayoritas menggunakan Gadget. Menurut KAPSTRA Fisipol UGM (2022), Canva merupakan aplikasi yang memungkinakan penggunanya membuat desain secara online. Canva Merupakan desain grafis yang dirncang untuk membantu penggunanya membuat berbagai desan menarik dan kreatif.

Menurut JSB (2019) Vlog (Vedio Blogg) merupakan media yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran Projct Based Learning dengan cara mengamati dan membuat vedio dan mengunggahnya ke chanel Youtube. Vlogging merupakan salah satu wujud konten yang sangat dominan pada platform Youtube, dengan cara merekam suatu konten melalui kamera atau webcam dengan tertruktur dan dapat diedit dengan menggunakan aplikasi editing vedio yang terdapat pada Laptop maupun Gadget setelah itu vedio yang telah diedit dapat di posting pada chanel youtube.

Pembahasan

  1. Mengajar dengan memanfaatkan Aplikasi Canva Untuk Generasi Z

Menurut Yuniastuti,dkk (2021) Kekuatan yang dimiliki aplikasi Canva adalah kemudahan dalam menggunakannya. Setiap orang dapat membuat karyanya dengan mudah di sini, apalagi bagi gruru dan peserta didik. Dalam Mengakses Canva, pengguna dapat menggunakan komputer dengan mengunjungi laman Http://www.canva.com dan menginstal Aplikasi Canva di Ponsel Pintar Pengguna. Pada aplikasi canva ini guru dan peserta didik dapat membuat media pembelajaran berupa slide presentasi, vedio, poster, infografis dan komik. Canva menyediakan ratusan template yang dapat diedit dan disesuaikan dengan kebutuhan guru dan peserta didik. Ketika guru meminta peserta didiknya untuk mengekspresikan tugas pembelanjaran, maka peserta didik dapat berkreasi membuat tugas dengan memanfaatkan canva sesuai dengan tema materi pelajaran yang telah ditentukan.

Pada saat peserta didik membuat projct ini sesuai dengan keinginan mereka, maka guru telah menerapkan merdeka belajar pada meraka. Hal ini dapat kita buktikan pada saat proses pembelajaran ketika peserta didik mulai merancang project sampai selesai. Faktanya dari hasil project yang telah dibuat peserta didik hasilnya mayoritas menarik dan kreatif , sehingga guru merasa kaget melihat hasil projct mereka yang luar biasa kreatif dalam mendisain tugas secara digital mereka sesuai tema yang sebelumnya belum pernah mereka lakukan. Strategi jitu ini sebaiknya dapat diimplementasikan oleh guru milenial dalam menghadapi peserta didik generasi Z. Dengan itu peserta didik termotivasi untuk menggunakan gadgetnya untuk hal-hal yang positif dalam menumbuhkembangkan potensi yang ada pada diri mereka dan merekapun siap untuk menghadapi tantangan zaman.

  1. Pemanfaatan Vlog dan Youtube dalam pembelajaran

Strategi utama yang akan dilakukan guru agar mereka berkeinginan menggunakan gedget untuk belajar yaitu guru menjelaskan dampak positif dan negatif dari gadget, memberikan contoh hasil karya yang dapat diperoleh dari gadegt tersebut serta hal yang menyenangkan bagi mereka dalam meningkatkan potensi dan bakat yang ada pada diri mereka yang tidak tersalurkan ke ruang publik.

Strategi Jitu yang ke-2 ini yaitu Pemanfaatan Vlog dalam pembelajaran.. Melalui kegiatan ini peserta didik secara langsung akan memahami materi yang sedang dipelajari. Selain itu Vlog dapat berisi opini, cerita, atau aktivitas sehari-hari yang umumnya ditulis pada blog dan diposting pada youtube. Hal ini banyak kita temukan pada pelajar zaman sekarang, mereka membuat berbagai konten baik itu negatif maupun positif dalam bentuk vedio selanjutnya diposting pada youtube dan mereka berharap akan memperoleh subscribe sebanyak-banyaknya. Guru harus bijak dalam memanfaatkan kebiasaan yang sedang dilakukan peserta didik saat ini, yaitu dengan menjadikan kebiasaan mereka sebagai wadah pembelajaran yang bermanfaat bagi peserta didik dalam meningkatkan bakat dan potensi diri mereka dengan merancang strategi pembelajaran dengan menggunakan media youtube untuk mempublikasikan konten materi pembelajaran di Vlog melalui chanel Youtube dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari dukungan berupa like dan subscribe dari teman sejawat, guru dan pihak lainnya. Nah, pada tahap ini guru dapat melakukan asesmen terhadap materi dan projct yang berhasil mereka buat.

Kesimpulan

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh pada perubahan pola pikir manusia termasuk peserta didik. Peserta didik yang dilahirkan sekitar tahun 1995 sampai 2014 yang dikenal dengan generasi z adalah manusia yang selalu hidup berdampingan dengan teknologi digital yang pro gadget. Sebagai pendidik, guru harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi peserta didik tersebut terkhusus dalam merancang strategi mengajar yang efektif agar terwujudnya merdeka belajar pada peserta didik, diantara strategi jitu mengajar yang efektif tersebut yaitu pemanfaatan canva dalam mendisain tugas yang inovatif dan menarik, membuat vlog dan mempublikasikannya melalui youtube.

 

Daftar Pustaka

Kapstra Fisipo. 2022. Panduan Media Pembelajaran Daring. Yogyakarta :Universitas Gajah Mada

Hapsari,G.P.P, dan Zulherma. 2021, Pengembangan Media Vedio Animasi Bebasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Basicedu

http://penerbitcmedia.com/8-gaya-belajar-generasi-z/ Diakses pada 7 Juli 2022.

Yuniastuti, Miftakhuddin. 2021. Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis dan Pedoman Praktis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

http://Journal2.um.ac.id. Diakses pada 8 Juli 2022.(Online)

http://gaya.tempo.co/read/1523901/bapak-dan-ibu-guru-mesti-tahu-cara-asyik-belajar-versi-gen-z Diakses pada 9 Juli 2022 (online)

http://sekolahmuridmerdeka.id/blog/index.php/ Diakses pada 11 Juli 2022

 

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I