logo-color

Publikasi
Artikel Populer

GURU YOUTUBER

Nanang Sriyadi, S.Pd.

Nanang Sriyadi, S.Pd.

Guru Matematika
SMP Negeri 48 Muaro Jambi

Berprofesi sebagai seorang guru matematika di SMP Negeri 48 Muaro Jambi merupakan rutinitas yang biasa saya lakukan setiap harinya. Sebagai seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran dituntut untuk berinovasi dalam menerapkan model pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan sesuatu yang harus diterapkan dalam penyusunan administrasi guru dan proses pembelajaran. Dengan membaca buku, jurnal, mencari informasi dari internet dan berkat pengalaman rekan sesama guru merupakan referensi untuk menerapkan pembelajaran yang menarik dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Berawal dari Semangat Berbagi

Diawali dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyusunan administrasi dan proses pembelajaran, sebagai bentuk jejak digital setiap kegiatan pembelajaran yang saya lakukan di dalam kelas sering saya dokumentasikan dan upload di media sosial seperti story WhatsApp dan kiriman Facebook. Dari postingan tersebut ternyata mendapat tanggapan baik dari rekan sesama guru tentang pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, banyak yang menanyakan bagaimana caranya membuat media pembelajaran yang saya posting dalam media sosial tersebut.

Semakin sering saya memposting kegiatan pembelajaran di media sosial semakin lama semakin banyak yang penasaran dan bertanya kepada saya. Terbersit pikiran untuk membuat tutorial tentang pembuatan administrasi guru media pembelajaran yang saya terapkan dalam proses pembelajaran dalam bentuk video. Diawali dengan membuat video tutorial administrasi pembelajaran berupa daftar hadir dan jurnal mengajar online di google formulir, pemanfaatan aplikasi Edmodo dalam proses pembelajaran dan beberapa tutorial lain yang ternyata mendapat respon cukup baik dari rekan sesama guru.

Pandemi COVID-19

Awal tahun 2020 merupakan titik balik dari channel youtube yang saya buat. Adanya pandemi coronavirus disease 19 (COVID-19) membuat tatanan kehidupan menjadi berubah termasuk di dunia pendidikan, proses pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh memaksa guru harus melakukan berbagai inovasi agar proses pembelajaran tetap berjalan dan tujuan pembelajaran tetap tercapai.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut guru melakukan pencarian informasi dari berbagai sumber, salah satunya adalah dengan melakukan pencarian di media YouTube, hal tersebut juga ditandai dengan beberapa video di YouTube channel saya mendapat banyak viewer secara tiba-tiba di awal pandemi COVID-19, yang saat itu saya beranggapan bahwa video-video yang sudah saya buat  ternyata relevan dengan kebutuhan guru saat itu.

Role Model

Saya yang juga sebagai guru juga dituntut untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran, saya sendiri mencari berbagai informasi juga dari platform YouTube dan dalam pencarian tersebut saya menemukan sebuah channel YouTube luar negeri yang membahas tentang pemanfaatan TIK dan platform online dalam proses pembelajaran. Informasi dalam channel tersebut selain saya terapkan dalam proses pembelajaran juga saya buatkan dalam video tutorial dalam Bahasa Indonesia.

Berdasarkan informasi channel YouTube tersebut dan beberapa ide saya sendiri, saya terus membuat dan mengupload video di channel YouTube saya. Dikarenakan semakin banyaknya guru yang berusaha berinovasi dan mencari informasi tersebut di platform YouTube, video-video yang saya buat mulai konsisten mendapatkan pengunjung tetap dari kalangan guru maupun umum.

Monetisasi

Dengan semakin konsisten dalam upload video dan respons yang baik dari penonton, dalam waktu singkat chanel YouTube saya memenuhi syarat untuk bergabung dengan YouTube Program Partner (YPP) yaitu program dari YouTube untuk menampilkan iklan di video yang ditonton orang lain dengan sistem pembagian keuntungan antara kreator dan pihak YouTube.

Dengan termonetisasinya channel YouTube, selain menjadi tambahan penghasilan bagi saya juga membuat semangat untuk terus mengupload video baru semakin tinggi, saat ini saya sudah mengupload lebih dari 250 video yang sudah ditonton lebih dari 3.000.000 kali

Tips Menjadi Guru Youtuber

Dalam mengelola channel YouTube selama beberapa tips yang saya terapkan yaitu yang pertama adalah konsistensi. Konsistensi dalam mengupload video ke channel YouTube dalam jangka waktu tertentu sangatlah penting karena penonton akan menandai waktu kapan kita sering melakukan upload video terbaru. Jangan berhenti berkarya, ketika banyak orang yang memberikan dukungan dan menunggu unggahan dari video berikutnya, maka itu akan membuat kita ingin terus berkarya. Respons positif akan membuat semangat semakin meningkat dan ide baru akan selalu muncul.

Kreativitas juga diperlukan dalam membuat sebuah video yang akan kita upload, karena konten yang berkualitas merupakan kunci utama agar channel YouTube kita dapat mendapat respons baik penonton. Konten bisa berasal dari berbagai sumber seperti ide segar kita, keresahan hati kita, kebutuhan orang lain atau bahkan dari permintaan orang lain.

Niatkan secara ikhlas untuk berbagi untuk mengedukasi orang lain akan membuat kita tetap semangat dalam membuat konten video, dan anggap monetisasi sebagai bonus dari semangat berbagi.

Tags

Share this post:

Postingan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jika ingin berlangganan berita dari kami, silakan memasukkan email pada kolom di bawah ini

Radar Edukasi adalah portal berita pendidikan di bawah naungan Penerbit P4I